Trik Cerdas bagi Pecinta Travelling

Dewasa ini, travelling menjadi hobi atau gaya hidup populer yang dilakoni oleh hampir semua orang. Momen-momen liburan sekolah, akhir tahun bahkan akhir pekan seringkali diisi dengan acara traveling ke berbagai tempat wisata lokal atau bahkan ke luar kota dan ke luar negeri. Para karyawan juga terbiasa menggunakan jatah liburnya untuk travelling dan melancong ke berbagai tempat setelah penat dengan rutinitas harian. Gejala yang demikian diawali dengan menjamurnya tayangan televisi tentang wisata-wisata alam di Indonesia yang luar biasa indah namun tak banyak diketahui oleh anak negeri. Bersamaan dengan itu, industri pariwisata mengalami perkembangan signifikan mulai tersedianya jasa-jasa travel ke berbagai tempat wisata hingga pemekaran tempat wisata baru dan perbaikan maupun pengembangan tempat wisata yang telah ada.

Promosi wisata-wisata lokal melalui berbagai social media juga semakin menaikkan pamor gaya hidup travelling sehingga masyarakat semakin tertarik untuk menjajalnya. Jika Anda adalah salah satu pecinta travelling atau baru akan melakoni gaya hidup dan hobi yang demikian, Anda harus menjadi traveller yang cerdas agar bisa menikmati suasana selama travelling sambil tetap menjaga keselamatan dan keamanan. Berikut adalah trik-trik cerdas yang bisa Anda gunakan dalam travelling.

  • Melakukan Survey Kecil-Kecilan

Ketika Anda dan teman-teman atau keluarga Anda memutuskan untuk melakukan travelling dengan tujuan tertentu, pastikan Anda terlebih dahulu melakukan survey kecil-kecilan mengenai tempat wisata, akses menuju tempat tersebut, hal-hal yang sebaiknya dilakukan dan atau dipersiapkan dan lain sebagainya. Intinya, Anda harus benar-benar siap untuk melakukan travelling. Ini dilakukan untuk menjamin kelancaran proses travelling sembari menjamin keamanan dan keselamatan Anda dan rombongan.

Anda tentu tidak mau kecewa jika ternyata Anda dan rombongan salah jalan, kesasar atau ditipu oknum yang tak bertanggungjawab dan memanfaatkan ketidaktahuan Anda. Resiko lainnya adalah tempat wisata yang dikunjungi tengah tutup atau tidak lengkapnya kenikmatan travelling karena Anda tidak membawa perlengkapan utama, semisal jaket atau penghangat ketika mengunjungi tempat yang dingin. Survey semacam ini bisa Anda lakukan dengan bertanya pada orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut ataupun menjelajah internet.

  • Memasan Tiket Lebih Awal

Tiket yang dipesan lebih awal identik dengan harga yang terjangkau bahkan bisa jauh lebih murah dibanding tiket yang dibeli pada hari H keberangkatan. Karena itu, untuk menghemat anggaran dan menyisihkannya untuk keperluan lain, semisal membeli oleh-oleh, rencanakanlah agenda travelling Anda dengan matang dan belilah tiket sedari awal.

  • Bertanya Hanya pada Pihak-Pihak ‘Resmi’

Ketika Anda kebingungan dan membutuhkan informasi akurat serta valid, pastikan Anda bertanya pada pihak yang resmi, semisal petugas dinas pariwisata. Biasanya, petugas yang demikian mengenakan seragam khusus sehingga Anda mudah mengenalinya. Anda juga bis bertanya pada penjaga pintu masuk, penjaga loket tiket dan bagian informasi (jika ada). Jika Anda tersesat di jalan, sebisa mungkin carilah pos polisi terdekat dan tanyakan jalan mana yang harus Anda tempuh untuk sampai pada tujuan. Ini penting dilakukan agar travelling Anda menyenangkan dan tidak justru membawa hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Menaati Aturan

Obyek wisata alami maupun buatan biasanya akan memberi arahan dan atau aturan bagi para pengunjung untuk keselamatan dan keamanan mereka. Jika tidak tercantum pada tiket masuk, aturan tersebut biasanya ditulis dalam gantungan atau tempelan di tempat-tempat yang mudah dilihat. Cermati dan patuhilah aturan tersebut demi pemeliharaan dan pelestarian obyek-obyek wisata ataupun untuk keselamatan Anda sendiri. Ingat bahwa tujuan utama travelling adalah untuk berlibur dan menyegakan pikiran, akan tetapi itu tidak berarti bahwa Anda boleh mengabaikan faktor keamanan dan keselamatan.