Tips Sukses Membangun Bisnis Properti Dengan Modal Kecil

Bisnis properti akhir-akhir ini banyak diincar oleh para developer, khususnya di wilayah Indonesia. Kebutuhan akan tempat tinggal menjadi faktor utama banyaknya orang berlomba-lomba membangun kerajaan bisnis properti. Karena semakin banyaknya orang yang ingin meraup untuk dari bisnis properti maka banyak yang mulai mengincar dan mencari-cari informasi penting terkait bisnis properti. Mulai dari mereka yang memiliki modal segunung maupun mereka yang modal nekat. Semuanya merasa ingin menikmati peluang emas ini.

Bisnis properti memang seakan menjadi lumbung padi mereka yang memiliki modal besar. Mereka hanya perlu melihat peluang pasar saja sudah cukup dan tinggal menyisihkan sebagian hartanya untuk membangun properti yang diinginkan. Sedangkan bagi mereka yang modal kecil tentu tidak sedikit yang akan menggigit jari melihat perhitungan dari bisnis properti. Sebab untuk berbisnis properti tidak cukup hanya dengan modal 5-10 juta saja. Namun membutuhkan lebih banyak lagi dari itu.

Meskipun demikian bukan berarti kesempatan berbisnis properti tertutup sama sekali untuk mereka yang hanya memiliki modal kecil. Simak beberapa hal berikut ini agar anda yang memiliki modal kecil pun bisa mencicipi manisnya berbisnis properti.

Manfaatkan Internet

Dunia dewasa ini adalah dunia internet. Semua hal yang pernah dipikirkan manusia sudah dapat diketahui hanya dengan internet. Seiring dengan berkembangnya internet ini para pengusaha properti juga banyak yang menawarkan usahanya melalui internet. Maka bagi anda yang bermodal kecil sebaiknya anda mulai jeli dan perhatian terhadap internet. Silahkan gali segala informasi tentang objek properti atau lahan-lahan yang akan dijual. Silahkan keliling daerah anda kemudian izinlah kepada pemilik tanah atau properti untuk sekedar bekerjasama memasarkan lahan yang ingin mereka jual. Jika diizinkan maka pintu sukses mulai terbuka. Langkah selanjutnya adalah ambil gambar sebanyak mungkin dan sejelas mungkin. Jika sudah memiliki gambarnya maka mulailah memasarkannya di internet. Tujuannya adalah agar calon pembeli properti dapat menghubungi anda langsung.

Belajarlah meyakinkan investor

Jika anda minim modal dan masih tetap ingin berbisnis properti maka anda harus memiliki keahlian khusus seperti keahlian dalam berbicara. Sebab tugas anda selanjutnya ialah meyakinkan para calon investor dan itu tentu saja tidak muda. Anda harus mengenalnya lebih dekat dan mengetahui kebutuhannya. Sebab beberapa calon investor ada yang mencari properti bukan untuk tempat tinggal saja melainkan untuk tujuan lain seperti investasi dan lain sebagainya. Nah tugas anda adalah menjalin hubungan antara penjual dan investor. Ketika anda mampu memuaskan kedua belah pihak maka anda akan mendapatkan keuntungan dari dua arah juga. Dengan kata lain jadilah perantara yang baik dan tidak terkesan memanfaatkan kondisi dari kebutuhan orang lain.

Lakukan mark up harga

Jika anda sudah mendapatkan lahan yang ingin dijual dan juga mendapatkan calon investor atau pembeli maka selanjutnya yang harus anda perhatikan ialah memoles harga. Jika anda memiliki banyak pengetahuan tentang properti maka anda akan dengan mudah memprediksi harga suatu lahan properti. Anda harus tahu betul tentang deskripsi lahan seperti luas, kondisi, lokasi, dan segala yang terkait dengan lahan yang akan dijual. Dengan demikian anda bisa saja menaikkan harga dari harga yang diminta oleh pemilik lahan. Dengan demikian anda juga akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual sebelumnya.