Tips Menjual Properti Dalam Waktu Singkat

Berbisnis properti memang selalu menggiurkan. Tidak heran apabila sebagian besar pebisnis menengah ke atas melirik manisnya bisnis properti. Dalam berbisnis properti membutuhkan skill dan ilmu yang banyak. Selain itu modal pun harus mendukung. Biasanya para pengusaha properti membeli suatu rumah atau apartemen tidak untuk ditempati melainkan hanya sekedar untuk investasi kemudian dijual kembali pada saat yang tepat. Tapi tidak jarang juga pemain baru yang mencoba keuntungan dari menjadi broker jual beli rumah hanya untuk mencari keuntungan dari kedua pihak yaitu penjual dan pembeli properti.

Menjual rumah atau properti itu gampang-gampang sulit. Terkesan mudah karena jika sudah ketemu dengan calon pembeli yang sedang membutuhkan maka kemungkinan ia membeli sangat besar. terkesan sulit, khususnya ketika mencari calon pembeli pertama kali. Sebab pembeli properti jarang sekali melakukan deal di depan. Seringkali mereka deal jauh-jauh hari setelah mempertimbangkan banyak hal. Kondisi seperti ini tentu menjadi PR bagi para broker atau pengusaha properti itu sendiri yaitu bagaimana cara menjual properti dalam waktu yang singkat?. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan:

  • Menghubungi Agen Properti

Langkah awal yang dapat anda lakukan sebelum menjual properti ialah mencari agen properti yang profesional dan terpercaya. Dengan menggunakan jasa agen properti anda dapat mencari calon pembeli lebih cepat. Sebab kebanyakan agen properti sudah memiliki database yang sangat luas dan kerjasama yang kuat dengan pihak-pihak yang terkait dengan properti. Dengan menghubungi agen properti maka tawaran properti anda akan dapat dilihat banyak orang calon pembeli. Hal ini tentu menguntungkan bagi anda yang benar-benar ingin menjual properti dalam waktu yang singkat.

  • Adakan open house

Langkah selanjutnya yaitu mengadakan open house. Anda dapat mengundang para calon pembeli yang sudah anda list pada waktu-waktu sebelumnya. Bahkan jika memungkinkan anda dapat menawarkan kepada mereka pengalaman tinggal di properti milik anda agar mereka merasakan sensasi menempati properti anda. Pada saat open house tersebut anda dapat menjelaskan segala interior yang dapat menarik minat mereka. Intinya adalah open house tersebut akan menjadi momen promosi anda. Jadi segala yang terkait dengan kelebihan properti tersebut anda sebutkan sedetail mungkin.

  • Pasang iklan sesering mungkin

Karena anda mengejar waktu penjualan maka tips lainnya agar anda dapat menjual rumah dengan cepat yaitu dengan memasang iklan sesering mungkin. Anda memang harus mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk hal ini. Terutama untuk memasang iklan premium tentu harganya pun lumayan besar. Baik itu online maupun offline tentu iklan tersebut akan sangat membantu penjualan anda. Anda dapat memanfaatkan media massa seperti koran, majalan, portal berita, forum properti, dan media sosial yang saat ini sedang booming. Jangan lupa untuk memperhatikan desain promosi yang anda buat harus menarik dan jelas.

  • Memasang papan “Dijual”

Apabila properti anda mudah diakses oleh masyarakat umum, misalnya di tepi jalan raya atau tempat umum maka anda bisa memanfaatkan papan penjualan dengan tulisan “Dijual”. Hal ini sudah sangat lazim dilakukan oleh para pebisnis properti. Dengan papan penjualan tersebut paling tidak ketika ada orang yang lewat jadi tahu bahwa properti anda sedang dijual. Ini bertujuan barangkali ada kerabat atau teman dari orang yang melihat tersebut tertarik untuk membelinya.

  • Rawat interior dan eksterior dengan baik

Eksterior dan interior properti anda harus selalu terjaga dengan baik selama masa penjualan. Ini akan memberikan kesan yang baik bagi calon pembeli. Sebab kebanyakan calon pembeli akan melihat isi ruangan properti anda jadi buat semenarik mungkin isi rumah. Apabila perlu lakukan pengecatan ulang atau perbaikan agar terlihat positif. Perbaikan ini tentu mengeluarkan biaya yang cukup besar juga akan tetapi hal itu tentu sangat kecil apabila dibandingkan dengan hasil penjualan nantinya.