Tips Menemukan Properti Murah

Menemukan properti murah tidaklah semudah mendapatkan informasi mengenai properti yang tengah diiklankan melalui iklan baris media cetak lokal atau media elektronik. Properti murah identik dengan properti yang tak terawat sehingga pemilik sahnya sekalipun seringkali tidak terpikir untuk ‘menguangkan’ bahkan mengiklankan penjualannya di berbagai media demi mempercepat proses penjualan. Karena itu, jika Anda adalah satu di antara segelintir pebisnis properti yang melihat properti murah sebagai investasi jangka panjang yang sebenarnya sangat menjanjikan, Anda harus proaktif mencari informasi mengenai properti-properti murah dan tidak hanya bergantung pada informasi di surat kabar maupun situs dan media sosial yang umumnya menyajikan iklan seputar properti yang tengah on sale.

Untuk kepentingan tersebut, berikut adalah langkah-langkah praktis yang bisa Anda lakukan;

  • Melakukan Pencarian Sendiri

Mencari properti murah dapat Anda lakukan sembari melakukan perjalanan untuk kepentingan tertentu, sekadar santai dan menghabiskan waktu dengan orang-orang tersayang atau memang diniatkan khusus untuk mencari properti-properti murah yang potensial dijadikan investasi jangka panjang. Properti-properti semacam ini biasanya mencolok dan tampak sangat berbeda dengan lingkungan di sekitarnya. Rumput-rumput liar di berbagai penjuru, pagar yang terkunci, serta daun yang berguguran dan tiadanya penerangan maupun tanda-tanda kehidupan adalah ciri umum yang bisa Anda jadikan penanda dalam mencari properti murah semacam itu.

Dalam penelusuran santai namun serius semacam ini, Anda tidak bisa mengandalkan papan atau plang yang menunjukkan bahwa sebuah bangunan tengah dipasarkan atau akan dijual. Sebagian bangunan memang dipasangi plang semacam itu namun sebagian yang lain tidak. Anda juga harus proaktif bertanya pada warga sekitar yang Anda temui mengenai keberadaan bangunan kosong tersebut, pemilik ataupun ahli warisnya. Lakukanlah pendekatan kultural semisal melakukan pembelian di toko terdekat, makan di rumah makan terdekat kemudian ajukanlah beberapa pertanyaan santai pada pramuniaga atau pelayan untuk mendapat informasi awal yang Anda butuhkan.

  • Meminta Informasi dari Teman atau Kerabat

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah secara proaktif bertanya pada teman, kerabat, rekan kerja atau kolega mengenai keberadaan properti murah di sekitar tempat tinggal mereka. Lakukan ini setiap kali Anda bertemu dengan orang-orang tersebut ataupun tengah berkomunikasi melalui media sosial atau telepon seluler. Selain menghemat tenaga, langkah ini akan memudahkan Anda memiliki beberapa list properti murah sehingga setelah melakukan survey lokasi, Anda benar-benar bisa mempertimbangkan apakah sebuah properti memang lebih ‘menjanjikan’ dibanding properti yang lain. Tanpa adanya referensi yang banyak dan pilihan yang beragam, Anda cenderung akan terburu-buru membuat keputusan dan akhirnya menjatuhkan pilihan yang kurang tepat.

  • Menyebar ‘Agen’

Memperkerjakan dan menyebar agen untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai properti murah di sekitar kawasan tertentu dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mengutamakn efisiensi kerja dan memiliki modal cukup untuk membayar agen tersebut. Agen yang telah terlatih dan memiliki banyak pengetahuan teoretis mengenai bisnis dan investasi properti dapat sangat membantu Anda menghemat waktu dan mendapatkan properti murah yang cocok dan sesuai dengan kriteria yang Anda tentukan.

  • Memanfaatkan Komunitas Pebisnis Properti

Komunitas pebisnis properti yang Anda miliki, baik secara formal maupun non-formal juga dapat menjadi sumber informasi yang tepat mengenai keberadaan properti murah di suatu wilayah tertentu. Tentu saja dalam hal ini, Anda dituntut untuk proaktif dan tidak sungkan untuk menanyakan keberadaan properti-properti yang masih suka ditampik oleh sebagian pebisnis properti. Jika memungkinkan, temukan pebisnis properti yang memiliki kecenderungan minat sama terhadap properti-properti murah sehingga Anda bisa saling memberi dan menerima informasi.