Tips Memilih Produk untuk Berbisnis Online

Pikiran untuk berbisnis online bisa jadi telah lama muncul di benak Anda, hanya saja Anda masih tidak/belum mengeksekusinya karena berbagai pertimbangan. Atau jika tidak, Anda mungkin dihadapkan pada keadaan-keadaan yang kurang mendukung sehingga Anda semakin ragu dan akhirnya menepis pikiran tersebut. Ini wajar dialami jika Anda belum pernah terjun ke dunia bisnis sehingga belum bisa membayangkan seperti apa Anda akan menjalankan bisnis Anda nantinya. Well, hal pertama yang perlu Anda tanamkan dalam pikiran Anda adalah bahwa berbisnis, termasuk berbisnis online, tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Seperti banyak hal, sesuatu hanya terasa sulit ketika belum dikenal saja.

Dalam berbisnis online, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan produk atau jasa apa yang akan Anda tawarkan kepada konsumen. Jika Anda benar-benar amatir dalam hal bisnis, Anda disarankan menawarkan produk terlebih dahulu. Minimal, dari langkah awal ini, Anda bisa mengetahui situasi di lapangan, bagaimana memromosikan apa yang Anda miliki, berinteraksi dengan calon (pembeli) dan mengurus berbagai keperluan. Nah, dalam menentukan produk yang akan Anda tawarkan, berikut adalah point-point yang bisa Anda jadikan pedoman.

  • Spesifik

Semakin spesifik produk yang Anda tawarkan, semakin mudah Anda mendapatkan konsumen potensial karena Anda sudah mengetahui segmentasinya. Ini penting dalam berbisnis online sebab jika Anda menawarkan banyak produk, (calon) konsumen tidak akan langsung mengunjungi toko online Anda begitu mereka ingin membeli salah satu produk yang Anda jual.

Keadaannya akan berbeda jika Anda menawarkan produk yang spesifik. Anda akan diingat karena produk spesifik yang Anda miliki sehingga setiap kali seorang konsumen potensial membutuhkan produk yang Anda jual, mereka akan langsung menghubungi Anda. Katakanlah misalnya, Anda menjual busana Big-Size. Selain untuk kepentingannya sendiri, pembeli juga akan merekomendasikan toko online Anda setiap kali ada teman/keluarga yang bertanya di mana tempat tepat mendapatka busana-busana Big Size.

  • Sesuai Hobbi

Jika memungkinkan, pilihlah produk yang sesuai dengan hobi, kebutuhan atau kecenderungan Anda. Ini akan memberikan sensasi tersendiri bagi Anda dalam berbisnis online karena Anda akan perlahan menyukai bisnis yang Anda geluti. Bagaimana tidak, produk yang Anda jual adalah produk yang selalu Anda buru. Selain itu, pengetahuan Anda yang memadai mengenai produk yang Anda jual juga akan cukup meyakinkan pembeli untuk melakukan transaksi di toko Anda. Katakanlah misalnya Anda menyukai dan gemar mengoleksi busana-busana kasual untuk pemakaian sehari-hari. Pilihlah produk yang masih berkait erat dengan hobi tersebut, semisal baju kasual dan santai untuk perempuan dewasa.

Selain mendukung dalam hal bagaimana Anda meyakinkan pelanggan dan (calon) pembeli, produk yang sesuai hobbi da kecenderungan Anda juga memudahkan Anda mencari pangsa pasar. Sebelum berbisnis online, Anda tentu tidak sendirian ketika berburu busana-busana kasual. Anda cenderung akan melakukannya dengan teman, keluarga atau bahkan tetangga. Mereka bisa menjadi pangsa pasar pertama Anda sekaligus ‘pemancing’ pembeli-pembeli selanjutnya. Selain itu, Anda tentu juga mengetahui beberapa tempat memasang iklan yang tepat serta promosi-promosi yang bisa efektif dalam menggaet pembeli produk tersebut berdasarkan pengalaman Anda.

  • Beraneka Harga dan Pilihan

Sekali Anda menentukan produk spesifik yang akan Anda tawarkan untuk berbisnis online, pastikan Anda menyediakan banyak pilihan mulai dari harga, motif, ukuran hingga bahan. Ini sangat penting untuk menguatkan karakter bisnis Anda dengan menjadi toko one for all untuk suatu produk tertentu. Pengetahuan dan pengalaman yang Anda miliki dalam berburu produk yang merupakan kecenderungan Anda sendiri tersebut tentu akan cukup membantu.