Tips Memilih Platform Blog yang Tepat

Ada banyak kriteria yang menjadikan sebuah blog bisa dikategorikan baik dan berhasil. Kriteria tersebut berkisar dari tampilan, kualitas konten, jumlah pengunjung, intensitas tampilan baru, berbagai fitur dan aksesoris, intensitas kunjungan, ‘ramai’nya percakapan di kolom komentar dan lain sebagainya. Sementara itu untuk blog bisnis, kriteria berhasil tidaknya adalah angka pengunjung, betah tidaknya mereka ‘berdiam’ di blog dan seberapa banyak penjualan yang berhasil disukseskan melalui promosi sebuah blog. Namun demikian, seluruh kriteria tersebut berujung dan bergantung pada satu pilihan penting yang harus Anda ambil sejak awal merencanakan peluncuran blog, yakni apa yang disebut platform blog.

Sejauh ini Anda mungkin telah mengenal berbagai platfrom blog baik dari pengetahuan teoretis maupun hasil penjelajahan Anda di dunia maya dengan mengunjungi blog-blog para public figure, diarahkan oleh link tertentu atau blog milik orang yang Anda kenal. Namun demikian, seperti kebanyakan para newbie, Anda mungkin masih kebingungan untuk memilih dan menentukan platfrom blog apa yang akan Anda pilih. Untuk itu, pertimbangan-pertimbangan di bawah ini dapat sedikit banyak mengarahkan Anda.

  • Tujuan Blog

Tujuan Anda memiliki dan mengoperasikan blog adalah hal pertama yang harus Anda pertimbangkan. Jika Anda ingin mengoperasikan blog untuk keperluan hobi, mempererat jaringan dengan orang-orang dengan minat yang sama ataupun sebagai alat komunikasi dengan teman-teman dunia maya Anda, Anda bisa memilih platfrom blog sesuka Anda, utamanya yang paling mudah Anda gunakan.

Namun demikian jika Anda mengoperaiskan blog untuk tujuan bisnis,Anda harus berpikir ulang sebab tampilan blog Ada dan segala detail di dalamnya akan ‘dinilai’ oleh setiap pengunjung. Hasil penilalain tersebut jugalah yang akan memengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian dari Anda atau tidak.

  • Budget

Platfrom blog yang Anda pilih juga harus disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Jika Anda memiliki budget terbatas, jangan paksakan diri memilih platfrom blog berbayar kendatipun Anda mengelola blog bisnis. Ini khususnya juga berlaku ketika blog bisnis Anda baru saja diluncurkan dan baru mulai membangun basis pelanggan online atau baru mengintegrasikan bisnis offline yang Anda tekuni dengan sistem online. Kendatipun platfrom blog gratis menawarkan fitur yang terbatas dibandingkan layanan berbayar, Anda tetap harus ‘menjamin keamanan’ bisnis Anda sebab tidak sedikit layanan berbayar yang mengharuskan Anda melakukan pembayaran tiap bulan. Jika bisnis Anda belum stabil, Anda tidak perlu memperatruhkan bisnis Anda untuk urusan semacam ini.

Prinsip yang berbeda harus Anda terapkan jika bisnis Anda sudah mapan dan Anda memiliki penghasilan residual yang bisa diandalkan. Dalam keadaan semacam ini, memilih layanan berbayar hampir merupakan sebuah kewajiban sebab pilihan tersebut akan sangat mendongkrak kredibiltas Anda sebagai seorang pebisnis online. Menggunakan layanan berbayar tidak hanya akan memengaruhi tampilan blog, akan tetapi juga semakin menjamin kenyamanan pengunjung berselancar dan menjelajah di seluruh blog Anda. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mengubah pengunjung menjadi pembeli.

  • Pengetahuan Teknis

Pengetahuan teknis yang Anda miliki juga patut menjadi pertimbangan dalam memilih platfrom blog yang sesuai. Jika Anda memiliki cukup banyak pengetahuan tentang langkah-langkah instalasi awal, peluncuran serta perawatan regular maupun pengembangan blog, Anda bisa memilih platfrom blog yang menggunakan sistem canggih (umumnya berbayar). Prinsip yang sama juga berlaku jika Anda merupakan tipe pembelajar otodidak yang bisa memahami suatu hal tanpa banyak berinteraksi dengan orang lain. Namun demikian jika Anda tidak banyak memilki pengetahuan—dan naluri belajar yang besar—tentang hal-hal teknis untuk mengoperasikan blog serta tidak memiliki cukup dana untuk membiayai seorang ahli di bidang ini, pilihla platfrom blog yang relatif sederhana dan mudah dioptimasi bermodal kemampuan dasar.