Tips Membeli Rumah Tanpa Menyicil ke Bank

Rumah merupakan kebutuhan primer setiap keluarga. Terlebih lagi yang selama ini masih ikut bersama orang tua dan baru saja menikah. Rumah selalu menjadi tujuan ketika pasangan keluarga mulai membina keluarga. Namun, perlu anda ketahui bahwa anda tidak akan pernah memiliki rumah selama anda tidak pernah memulai untuk membelinya. Apalagi jika anda hanyalah seorang karyawan dengan pendapatan yang pas-pasan saja. Tentu impian memiliki rumah pribadi masih sangat jauh dari terealisasi. Sebab, anggaran untuk membeli rumah tidaklah kecil. Namun meskipun demikian anda harus tetap mengalokasikan anggaran untuk membeli rumah berapapun itu asalkan anda konsekwen di awal-awal.

Ketika orang tidak mampu membeli rumah dan merasa tidak mampu biasanya mereka mencari solusi cepat yaitu melakukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Bahkan sebagian besar dari mereka tidak peduli dengan bunga yang akan melambung tinggi. Pikiran orang seperti ini justru akan menjadi boomerang tersendiri bagi dirinya dan keluarganya ketika ia tidak mampu melunasinya nanti.

Akan tetapi sebetulnya kendala keuangan merupakan kendala hampir mayoritas orang yang mendambakan rumah idaman. Jika anda memang belum siap mengajukan KPR dengan segala resiko dan tuntutannya sebaiknya anda dapat melakukan beberapa cara cerdas dan kreatif berikut agar anda dapat memiliki rumah tanpa harus berhubungan dengan bank.

  • Cari kenalan di bidang properti

Untuk tips memiliki rumah idaman yang pertama adalah anda harus mencari rekan atau teman yang bergelut di bidang properti atau real estat. Hal ini sangat berguna khususnya untuk mengetahui seluk-beluk kepemilikan rumah atau tanah dan segala yang berkaitan dengannya. Paling tidak dengan menjalin pertemanan dengan orang yang tahu dunia properti anda akan mendapatkan banyak ilmu tentang peluang-peluang emas memiliki rumah atau tanah.

Dengan memiliki kenalan di bidang properti anda akan mendapatkan banyak manfaat di antaranya adalah anda akan tahu tipe rumah yang sesuai dengan impian anda, lokasi yang anda impikan beserta harga ketika anda siap membelinya dan nilai investasinya di masa-masa ke depan pun bisa anda ketahui darinya.

  • Mencari investor

Setelah anda mengetahui segala informasi tentang properti yang sesuai dengan impian anda langkah selanjutnya yang perlu anda pikirkan adalah mencari investor. Investor di sini bukan berarti personal tapi anda bisa juga mengandalkan suatu institusi yang siap membantu untuk membelikan rumah yang sudah anda tentukan tadi. Jika mereka siap membantu tanpa riba tentu akan lebih baik bagi anda. Memang mencari lembaga yang siap mencarikan secara ikhlas saat ini sangat sulit. Akan tetapi jika anda sangat peka akan personal seseorang anda pasti akan mendapatkan kriteria seperti ini di sekitar anda. Sebab orang yang siap membantu seperti ini akan bisa membantu kebutuhan keuangan anda nantinya.

  • Menabung dalam bentuk dinar emas

Nilai yang dikandung emas tidak dapat dipungkiri lagi. Emas tidak pernah mengalami inflasi. Nilai emas cenderung selalu stabil sehingga ketika anda menabung dalam bentuk dinar emas atau emas batangan maka aset atau harta anda akan cenderung lebih aman dibandingkan harus ditabungkan di bank.

Nah, agar tabungan emas anda terkontrol maka sebaiknya anda mencari-cari info dahulu tentang harga rumah yang anda inginkan.Setelah mengetahui harganya maka anda bisa mulai menabung dalam bentuk emas. Memang mata uang kertas pada 10 tahun yang akan datang akan terlihat melambung tinggi. Tapi perlu anda ketahui bahwa angka tukar uang kertas yang berubah ternyata tidak merubah nilai tukar mata uang dinar emas.

Artinya harga rumah tahun 2015 misalnya Rp. 300 juta rupiah atau setara dengan 150 dinar emas maka pada tahun 2025 nanti harganya pun tidak akan jauh berbeda. Bahkan jika nilai emas saat itu naik maka anda masih memiliki sisa. Hal ini sudah terbukti dari sejarah bahwa 14 abad yang lalu harga kambing adalah 1 dinar misalnya, sekarang pun masih tetap nilainya yaitu 1 dinar kurang lebih.