Tips Memasarkan Apartemen Mahasiswa

Menjadi pengembang atau pemilik saham sebuah apartemen dan atau komplek perumahan barangkali adalah prestasi yang cukup membanggakan dalam merintis karier sebagai pebisnis properti. Namun demikin, seperti dalam cabang bisnis yang lain, semakin tinggi level Anda saat ini, semakin Anda tidak puas dengan pencapaian yang Anda miliki dan ingin naik ke level yang jauh lebih tinggi. Ini wajar adanya dan lumrah terjadi di kalangan pebisnis properti. Biasanya, selain menambah lokal jenis properti yang sudah dimiliki, tak sedikit para pebisnis yang mencari peruntungan dengan mencoba jenis properti yang lain. Jika selama ini Anda sudah sukses di properti kompleks perumahan atau apartemen mewah, misalnya, cobalah konsep apartemen mahasiswa yang sederhana, minimalis, elegan dan tentu dengan harga terjangkau.

Apartemen mahasiswa memang tengah menjadi trending topic di kalangan pebisnis properti karena kesuksesan melimpah para pebisnis nekat yang mencoba jenis properti satu ini di Indonesia. Sambutan dari pasar hingga merger sangatlah baik bahkan jauh lebih baik dari yang diprediksikan. Apartemen mahasiswapun laris manis di pasaran dan ini menggoda para pebisnis properti untuk menjajal hal serupa. Jika Anda juga berminat untuk mencoba peruntungan dengan bisnis ini, godoklah konsep minimalis dan elegan tersebut sebaik mungkin dan bentuklah tim yang solid untuk mengeksekusi proses pematangan konsep hingga eksekusi pembangunan dan pemasaran. Nah, untuk strategi pemasaran, hal-hal di bawah ini perlu Anda pertimbangkan dengan baik;

  • Memasarkan pada Komunitas Mahasiswa Pebisnis

Membangun apartemen mahasiswa di kota pelajar ibarat menyediakan gula di sarang semut. Dalam sekejap, gula tersebut akan habis. Namun demikian, Anda harus pandai memilih sarang mana yang menjadi tempat berkumpulnya semut yang amat doyan mengonsumsi gula. Hal yang sama berlaku dalam memasarkan apartemen mahasiswa. Pembeli potensial Anda tentu bukanlah semua mahasiswa, akan tetapi sebagian mahasiswa saja, utamanya mereka yang memiliki mindset bisnis dan tengah menjalani atau merintis bisnis. Untuk itu, fokuskan pemasaran pada komunitas mahasiswa pebisnis yang tak sulit ditemui di berbagai kota pendidikan. Mereka biasanya memiliki usaha bersama atau rutin berkumpul di tempat-tempat tertentu untuk menggelar berbagai event dan lain sebagainya.

  •  Beriklan di Tempat Tongkrongan Mahasiswa

Sebagian besar mahasiswa menghabiskan waktunya di warung-warung kopi untuk bercengkerama dengan sahabat, bertemu kolega, bermain kartu atau sekadar menyaksikan siaran langsung pertandingan bola. Mereka rutin mendatangi tempat-tempat ini hampir setiap hari dan di sinilah mereka bisa disuguhi iklan apartemen mahasiswa dalam bentuk brosur, poster, spanduk hingga sales promotion boys atau girls.

  • Bekerjasama dengan Koperasi Mahasiswa

Koperasi mahasiswa dan komunitas wirausaha kampus juga layak dijadikan pusat pangsa potensial karena mahasiswa-mahasiswa yang memiliki mindset bisnis dan cara pandang visioner berkumpul di dua tempat tersebut. Buatlah kerjasama dengan menyelenggarakan event-event yang dekat dengan kehidupan mahasiswa lalu perkenalkan konsep apartemen yang tengah dipasarkan. Kemaslah sebuah bentuk diskusi santai ala mahasiswa dengan dialog interaktif sehingga para mahasiswa yang hadir dapat berkomentar dan mengajukan pertanyaan.

  • Marketing dari Mahasiswa Sendiri

Merekrut staff marketing dari kalangan mahasiswa juga dapat memperlancar pemasaran apartemen mahasiswa karena mereka cenderung mudah mengenali tipikal mahasiswa pebisnis, bagaimana pola pikirnya dan bagaimana meyakinkan agar membeli produk yang dipasarkan. Kepala marketing juga tidak perlu repot-repot mencari list pembeli potensial karena mahasiswa yang direkrut sebagai staff hampir bisa dipastikan sudah mengetahui person dan komunitas yang akan mereka tuju.