Tips Berinvestasi Properti dengan Rumah Hunian (2)

  • Saluran Air, Ledeng dan Pembuangan

Hal yang tak kalah penting dan tidak boleh luput dari perhatian Anda adalah saluran air, ledeng dan pembuangan. Anda harus memastikan dan mengecek sendiri apakah rumah hunian yang anda Anda beli, huni dan jadikan investasi benar-benar nyaman dan layak pakai salah satunya dari ukuran ini. Jika supply air bersih lancar dan memadai, Anda bisa semakin memantapkan niat Anda untuk memilih sebuah rumah di dalam maupun di luar komplek perumahan. Anda tentu harus lebih selektif karena rumah tersebut tidak hanya akan Anda beli dan jual kembali, akan tetapi juga akan Anda tempati beserta keluarga.

Pastikan Anda telah mendapat informasi cukup dari marketing maupun tetangga sebelah mengenai ketersediaan air bersih, di mana aksesnya, bagaimana prosedur pembayarannya dan lain-lain. Jangan sampai Anda menyesal karena memilih rumah hunian yang mentereng atau mahal akan tetapi tidak didukung oleh fasilitas air bersih yang cukup untuk kebutuhan Anda sekeluarga. Kebersihan air juga harus Anda perhatikan mengingat ini akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda maupun anggota keluarga lain.

Selain itu, fokuskan juga perhatian Anda pada sistem ledeng dan pembuangan. Perhatikan seksama sistem sirkulasi air di kamar mandi, di mana pembuangannya dan seberapa jauh dari sumber air bersih. Selain kebersihan yang kasat mata, kesehatan keluarga Anda juga sangat ditentukan oleh seberapa sehat sistem sirkulasi air di rumah Anda berikut pembuangannya jadi pastikan Anda tidak melewatkan beberapa hal ini.

  • Kualitas Material

Kualitas material rumah huni yang menjadi tempat Anda berinvestasi properti juga layak mendapat perhatian. Jika Anda tidak tahu-menahu mengenai bahan-bahan yang awet, tahan lama dan aman bagi kesehatan dan keselamatan, berkonsultasilah dengan orang yang lebih tahu atau ajaklah orang tersebut ketika Anda melakukan survey. Ini dilakukan demi menghindarkan Anda dari resiko berkelanjutan ketika rumah yang Anda ditempati tidak dibangun dengan material dan atau prosedur yang standard. Selain dapat mengancam keselamatan Anda dan keluarga, pembangunan rumah yang tidak sesuai prosedur bukan tak mungkin akan mengharuskan Anda melakukan perbaikan atau penggantian bahan material.

  • Keamanan dan Kebersihan Lingkungan Sekitar

Keamanan dan kebersihan lingkungan sekitar juga harus Anda cari tahu ketika akan memutuskan untuk membeli rumah huni untuk investasi properti. Umumnya, komplek perumahan memiliki sistem keamanan yang cukup bagus dengan adanya pintu gerbang komplek, pagar di setiap rumah dan satpam yang bertugas menjaga pintu masuk dan keluar komplek. Meski begitu, ini tidak berarti bahwa Anda bisa begitu saja menyimpulkan bahwa lingkungan di setiap kompleks perumahan telah terjamin keamannya. Carilah sebanyak mungkin informasi tentang track record keamanan di komplek yang akan Anda tempati sehingga Anda tidak perlu berpikir ulang untuk membeli dan mendiami sebuah rumah di dalamnya.

Selain masalah keamanan, kebersihan lingkungan sekitar rumah juga tidak boleh luput dari perhatian Anda. Ini utamanya terkait dengan sistem selokan dan tempat pembuangan sampah. Selokan yang mampet tidak hanya akan menyebarkan bau tidak sedap ke rumah yang Anda huni dan lingkungan sekitarnya, akan tetapi juga rawan mengundang datangnya berbagai virus, bakteri hingga binatang-binatang yang dapat membahayakan kesehatan. Komplek-komplek perumahan umumnya menggunakan jasa layanan kebersihan untuk jalan-jalan komplek sehingga ini bisa Anda jadikan tolak ukur menilai berkualitas tidaknya sebuah pengembang.