Tips Berinvestasi Properti Dalam Bentuk Apartemen

Semakin masifnya ekspansi bisnis properti membuat banyak hal yang awalnya terasa mewah menjadi lebih dekat di genggaman dan lebih terjangkau. Salah satunya adalah apartemen hunian yang biasanya hanya bisa dimiliki orang berduit, public figure, pejabat dan pemilik jabatan-jabatan penting lain. Dewasa ini, apartemen minimalis dengan harga yang cukup reasonable banyak menjamur dan para kelas menengah ke atas, termasuk para mahasiswa, menjadi pangsa pasar yang paling menjanjikan. Well jika Anda ingin mulai berinvestasi di dunia properti sekaligus mencari tempat hunian, apartemen hunian bisa menjadi pilihan yang tepat Anda. Selain karena uang muka yang relatif tidak terlalu besar dan cicilan yang ringan bahkan tak jarang bunga hanya dijatah 0 %, apartemen sangat cocok sebagai hunian bagi Anda yang mengutamakan kenyamanan dan perlindungan terhadap zona privasi Anda.

Namun demikian, Anda tidak boleh ceroboh memilih apartemen hunian yang akan Anda tempati sekaligus menjadi lahan investasi. Lebih tepatnya, Anda tidak boleh ceroboh karena berlebihan euphoria dengan harga apartemen yang bisa Anda jangkau sebab apartemen tersebut Anda tidak hanya akan menjualnya kembali. Anda juga akan menempatinya sehingga aspek-aspek semisal legalitas, kebersihan dan keamanan tidak boleh luput dari perhitungan Anda. Sedikitnya, berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih apartemen hunian.

  • Sistem Pembayaran

Setiap melakukan survey lokasi, Anda akan bertemu dengan staff marketing yang bertugas meyakinkan Anda untuk membeli apartemen yang mereka pasarkan. Jika Anda sudah hampir mencapai kata deal dan sreg terhadap segala sesuatunya, pastikan Anda mengetahui dengan detail sistem pembayaran. Mintalah si staff menjelaskan sistem pembayaran terlebih dahulu kemudian ajukan pertanyaan hingga Anda benar-benar mengerti dan tidak perlu khawatir adanya kesalahpahaman di kemudian hari.

  • Legalitas

Legalitas apartemen hunian yang Anda miliki harus jelas dengan mencantumkan nama Anda dan identitas lain serta keterangan bahwa Anda mengantongi hak milik dan bukan saja hak pakai. Ini penting Anda pastikan dengan teliti sebab tak sedikit pemilik apartemen yang bermasalah di kemudian hari karena mereka tidak memerhatikan legalitas dan sembarangan menandatangani form yang diajukan tanpa membaca isi dokumen.

  • Kredibilitas pengembang

Kredibilitas pengembang apartemen harus Anda perhatikan juga sebab ini biasanya berkait erat dengan kualitas apartemen, alur transaksi serta diutamakannya kepuasan pembeli.

  • Lokasi apartemen

Jika memungkinkan dan harga apartemen masih bisa Anda jangkau, pilihlah apartemen yang bertempat di lokasi-lokasi strategis semisal dekat dengan pusat kota, sarana transportasi umum maupun tempat-tempat umum lain. Ini diorientasika untuk kenyamnan Anda serta bagaimana Anda akan tinggal di apartemen hunian tersebut dalam jangka waktu tertentu.

  • Fasilitas umum maupun fasilitas khusus

Fasilitas umum yang bisa dinikmati semua pemilik apartemen, semisal kolam renang dan komplek parkir serta fasilitas pribadi yang bisa Anda dapatkan secara pribadi juga patut Anda perhitungkan. Selain ketersediaannya, perhatikan juga kualitas dan volumnya. Minimal, faktor ini bisa Anda pertimbangkan ketika membandingkan sebuah apartemen hunian dengan apartemen lain.

  • Kebersihan, Keamanan dan Lingkungan Apartemen

Ketika melakukan survey, pastikan Anda mengulik informasi lain maupun ‘tandingan’ dari apa yang disampaikan staff marketing. Selain dengan memberi pertanyaan singkat kepada penghuni lain yang tak sengaja Anda temui, Anda juga bisa melakukan observasi kecil mengenai kebersihan, keamanan dan lingkungan apartemen. Tiga hal ini juga tak kalah penting dibanding aspek-aspek lain sehingga Anda tidak boleh mengabaikannya.