Tentukan Segera, Beli Mobil Dulu Atau Rumah?

Sudah tabiat semua manusia memiliki barang-barang yang mewah seperti rumah atau mobil. Apalagi ketika kondisi keuangan sangat mendukung tentu siapa pun ingin membeli barang-barang yang berharga. Meskipun terkadang mereka tidak sedang membutuhkannya. Rumah dan mobil merupakan barang yang tidak murah. Akan tetapi banyak orang yang masih saja memimpikan untuk memilikinya bahkan mengejarnya.

Pada saat anda sudah memiliki uang yang cukup dan anda dihadapkan dengan dua pilihan yaitu membeli rumah dulu atau beli mobil tentu anda pun kebingungan atau watak serakah anda yang lebih dominan yaitu ingin membeli keduanya sekaligus. Biasanya ketika menemukan pertanyaan ini seringkali orang merasa dilema dalam memilih. Sebab sebagian besar orang merasa bahwa kedua hal tersebut sama-sama penting dan harus segera dimiliki.

Meskipun demikian anda harusnya tetap memilih di antara keduanya. Sebab ketika anda membeli keduanya sekaligus dalam satu waktu maka bisa jadi tabungan anda akan terkuras dengan sangat besar. Nah berikut ini adalah saran yang bisa anda jadikan pertimbangan dalam membeli rumah dulu atau mobil terlebih dulu.

  • Alasan memilih mobil dulu

Poin pertama yang harus anda cari jawabannya sebelum menentukan membeli mobil dulu adalah dari aspek manfaat. Apabila anda sudah memiliki mobil nanti, apa yang akan anda lakukan dengan mobil tersebut? Apakah anda akan menjadikannya sebagai kendaraan sehari-hari? Atau anda akan menggunakannya untuk bekerja ke kantor? Atau hanya sekedar untuk memenuhi nafsu semata dan untuk bersenang-senang? Atau mobil tersebut akan anda gunakan untuk menunjang dalam mencari penghasilan tambahan?

Sebelum anda memutuskan membeli mobil dulu sebaiknya anda memikirkan matang-matang semua pertanyaan di atas. Kenapa anda harus mempertimbangkannya? Sebab ada kalanya anda tidak memerlukan mobil dalam waktu dekat karena kebutuhan anda sudah terpenuhi atau dengan kata lain anda memang sedang tidak butuh kendaraan. Apabila kondisinya demikian maka sebaiknya anda memikirkan kembali untuk membeli mobil dulu. Sebab untuk menabung itu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Apalagi pekerjaan anda tidak menunjang untuk penghasilan besar setiap bulannya.

  • Alasan membeli rumah dulu

Ketika anda memutuskan untuk membeli rumah terlebih dulu memang tidak ada salahnya. Sebab rumah memang sudah menjadi kebutuhan primer setiap orang. Hanya saja ada beberapa hal kecil yang harus anda perhatikan sebelum membeli rumah. Hal yang perlu anda perhatikan ialah apakah jenis pekerjaan anda sudah dalam kondisi aman untuk membiayai kebutuhan rumah?. Jika anda memutuskan memblei rumah bekas, apakah tabungan anda sudah mencukupi untuk memperbaiki rumah tersebut agar layak tinggal?. Jika anda berhutang ke bank apakah anda sudah siap dengan segala tuntutannya?.

Apapun pilihan anda tentu saja akan memiliki dampak baik bagi kehidupan anda. Jika anda membeli rumah dulu maka anda akan terjamin dalam aspek tempat tinggal. Begitu pula dengan mobil jika anda memilikinya maka anda akan terjamin dalam segi transportasi. Hanya yang perlu anda bandingkan adalah resiko yang akan terjadi ketika anda memiliki salah satunya. Jika anda memiliki rumah dan tidak memiliki mobil tentu anda tidak akan mengeluarkan biaya besar hanya untuk transportasi anda sehari-hari. Namun, jika anda tidak memiliki rumah dan membeli mobil dulu maka anda harus siap-siap mengeluarkan dana yang tidak sedikit karena harus menyewa tempat tinggal yang tentunya butuh biaya setiap bulannya cukup besar. Untuk itu pikirkan sekali lagi aspek manfaatnya sebelum membeli mobil atau rumah.