Rahasia Cerdas Terhindar dari Jebakan Diskon Belanja (2)

  • Bandingkan dengan Harga Normal

Banyak yang percaya bahwa diskon belanja yang ditawarkan sebuah toko atau sebuah pusat perbelanjaan hanyalah taktik management untuk menghabiskan barang lama sehingga toko bisa men-display barang baru. Caranya adalah dengan menaikkan harga barang kemudian menawarkan diskon dengan angka dan pasaran yang bombastis. Ini dianggap efektif meningkatkan angka penjualan, utamanya barang-barang yang lama tidak laku, karena pembeli akan tersugesti bahwa ia beruntung mendapatkan diskon belanja dan mendapat harga yang dianggap murah.

Sebagai pembeli dan konsumen cerdas, Anda tentu tidak ingin kecolongan membeli barang dengan harga yang tidak jauh dari harga asli sebelum periode diskon. Untuk itu, Anda tinggal membandingkan harga umum suatu produk—berdasarkan pengalaman belanja, bahan dan model suatu produk—dengan harga setelah diskon. Jika jarak harganya tidak terlalu jauh, maka toko yang menjual barang tersebut benar-benar menggunakan taktik di atas sehingga diskon belanja yang ditawarkan sebenarnya semu.

  • Cross-Check di Toko Lain

Ketika sebuah toko atau pusat perbelanjaan menggelar periode promo dan diskon belanja, tak jarang mereka menyebarkan brosur sejenis katalog yang mendaftar barang-barang yang didiskon berikut harga setelah diskon. Katalog yang demikian dapat berguna bagi Anda untuk memastikan ‘ketulusan’ toko tersebut menawarkan diskon belanja. Caranya adalah dengan membandingkan harga diskon dengan harga di toko lain. Jika harganya diskon memang cukup berbeda dengan harga normal di toko lain, maka Anda bisa segera berburu diskon. Akan tetapi jika tidak, Anda perlu berhati-hati terhadap periode-periode promo lain yang ditawarkan sebuah toko atau pusat perbelanjaan tertentu sebab bisa jadi mereka tidak benar-benar menawarkan diskon belanja.

  • Memerhatikan Tanggal dan atau Jam Berlakunya Diskon

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan adalah tanggal dan atau jam berlakunya diskon belanja. Masing-masing toko dan pusat perbelanjaan memiliki ketentuan dan kebijakan yang berbeda dalam mengatur promo diskonnya. Ada yang menggelarnya pada jam-jam tertentu saja, pada hari-hari tertentu atau dalam durasi tertentu. Pastikan Anda tidak berpedoman pada kebiasaan sebuah toko dalam mengatur diskon ketika berbelanja di toko lainnya.

Perubahan kebijakan mengenai diskon di sebuah toko juga bisa terjadi sehingga Anda perlu banyak memperhatikan keterangan dan tulisan-tulisan tempelan di seluruh bagian toko agar tidak kecolongan. Banyak juga yang menganggap diskon masih berlaku karena spanduk, baliho atau tempelan-tempelan poster iklan di sebuah toko belum dicabut atau diganti. Karena itulah, perhatikan baik-baik tanggal atau berlakunya diskon agar Anda benar-benar dapat menikmati diskon belanja.

Pedoman ini juga berlaku ketika Anda mendapatkan voucher diskon belanja di suatu toko atau pusat perbelanjaan tertentu setelah membeli produk dan menggunakan jasa merchant toko yang bersangkutan. Perhatikan baik-baik tanggal dan jam berlaku serta syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Ini penting Anda ingat sebab tidak sedikit voucher diskon belanja yang tidak dapat digunakan hanya karena expired dalam hitungan hari atau bahkan jam.

  • Mengenali Pola Diskon Masing-masing Toko dan Pusat Perbelanjaan

Point terakhir ini utamanya berlaku bagi Anda yang gila belanja ataupun rutin mengunjungi pusat perbelnjaan dan toko-toko untuk berburu diskon. Dengan mengenali pola dikson masing-masing toko dan pusat perbelanjaan yang bisa dipastikan berbeda, Anda cenderung akan terhindar dari jebakan diskon. Anda yang masuk dalam kategori ini biasanya juga tidak akan sungkan bertanya kepada pramuniaga sampai mendapat info sejelas dan sedetail mungkin. Selain ‘selamat‘ dari iklan yang mengecoh, mengeali pola diskon masing-masing toko dan pusat perbelanjaan juga akan memudahkan Anda mendapat diskon di saat-saat pertama periode diskon belanja dimulai.