Pilih Beli Rumah Bekas vs Beli Rumah Baru

Memiliki rumah pribadi merupakan impian setiap individu. Namun, tidak jarang suatu keluarga dibuat bingung karena harus memilih antara membeli rumah baru atau rumah bekas. Memang keduanya mampu memenuhi kebutuhan hidup. Paling tidak mampu melindungi pada saat-saat tertentu. Akan tetapi tidak jarang juga pasangan keluarga yang sangat pusing hanya karena harus memilih antara harus membeli rumah baru atau bekas.

Membeli rumah memang tidak bisa dilakungan dengan sembrono. Apalagi jika anda bukanlah orang yang kaya dengan harta dan hanya mampu membeli properti rumah sekali seumur hidup tentu anda harus mempertimbangkannya secara matang. Begitu juga bagi anda yang ingin menjadikan properti bukan hanya sekedar hunian semata akan tetapi menjadikannya investasi pada masa depan anda nanti tentu anda harus cerdas dalam menentukan segala aspeknya. Agar ke depannya nanti rumah anda bisa dijual kembali maka aspek investasi harus anda pikirkan dengan cermat. Jangan sampai rumah anda tidak ada nilai jualnya sama sekali hingga nilai investasinya pun menjadi nol.

Untuk memiliki suatu rumah memang susah-susah gampang. Susah karena modal yang seringkali tidak sesuai dengan keinginan dan gampang karena saat ini sudah ada bank yang bisa anda jadikan partner dalam mewujudkan impian anda dalam memiliki rumah sendiri. Anda cukup membayar uang muka saja kemudian mengajukan KPR (Kredit Pemilikan Rumah) kepada bank yang anda percaya. Jika bank menganggap anda layak dibantu maka rumah yang anda impikan sudah ada di depan mata. Hanya saja mungkin anda masih mempertimbangkan aspek yang penting lainnya yaitu antara membeli rumah baru atau bekas. Untuk itu, agar anda dapat memikirkannya secara maksimal paling tidak anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

Kelebihan membeli rumah bekas

Membeli rumah bekas memiliki kelebihan tersendiri. Yang pertama adalah harganya yang sudah tentu lebih murah dibandingkan dengan rumah yang baru. Artinya, apabila anda memiliki modal yang terbilang cukup maka anda sudah bisa memiliki rumah dengan segala isinya. Bahkan bisa jadi rumah bekas yang anda beli memiliki lahan yang lebih luas dibandingkan membeli rumah yang benar-benar baru.

Yang kedua yaitu lingkungan masyarakat yang sudah terbentuk. Dengan membeli rumah bekas maka anda tidak perlu lagi hawatir tentang budaya bersosial. Sebab pada umumnya rumah bekas dibangun di tengah-tengah masyarakat yang sudah mapan dari segi sosialnya. Anda tidak perlu bingung lagi dalam bertetangga, berolahraga, beribadah, dan lain sebagainya. Anda tinggal mengikuti alur yang ada pada masyarakat tersebut saja.

Kelebihan membeli rumah bekas yang ketiga yaitu anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk mengisi rumah tersebut. Sebab biasanya orang menjual rumah bekasnya sekaligus dengan isi rumahnya. Jika anda membeli rumah bekas anda tinggal mempersiapkan diri untuk tinggal bersama keluarga anda langsung.

Kelebihan membeli rumah baru

Membeli rumah baru juga memiliki kelebihan yang tidak kalah dibandingkan dengan rumah bekas. Pertama, keamanan pada lingkungan rumah baru atau di perumahan sangat terjamin. Jenis perumahan baru saat ini menggunakan sistem rumah cluster. Artinya rumah yang anda beli seringkali sudah menempati lahan perumahan yang sudah disiapkan pula penjaganya selama 24 jam sehari.

Kelebihan yang kedua adalah rumah baru anda bergaransi. Mungkin ini juga yang perlu anda pertimbangkan dalam membeli rumah baru. Rumah baru seringkali dilengkapi dengan asuransi rumah dan garansi perabotannya. Namun, hanya saja rumah baru biasanya tidak memiliki lingkungan sosial yang baik. Sebab ketika anda membeli rumah baru di kompleks perumahan belum tentu tetangga anda bersahabat dengan anda. Sehingga terkesan anda hidup sendirian sekeluarga.

Nah, dengan melihat kelebihan masing-masing di atas semoga anda bisa mempertimbangkan kembali sebelum membeli rumah baru atau bekas.