Pelajari Cara Sukses Menjadi Agen Properti (1)

Tidak banyak yang tahu bahwa menjadi agen properti adalah salah satu cara mudah untuk menjadi kaya raya. Profesi semacam ini umumnya hanya dianggap sebagai pekerjaan yang kurang menjanjikan karena gaji yang tidak seberapa serta jenjang karier yang tampak sulit dilalui, apalagi jika modal pas-pasan dan tidak ada cadangan tabungan yang bisa diandalkan. Padahal, jika Anda mau sedikit saja melihat kehidupan dan ritme kerja agen properti, Anda mungkin akan membelalakkan mata karena tidak percaya mengapa banyak sekali orang, termasuk Anda dulunya, memandang profesi ini sebelah mata. Jawaban tegasnya adalah karena oleh sebuah pengembang atau seorang pemilik komplek perumahan, misalnya, seorang agen properti tidak hanya digaji dalam waktu berkala, katakanlah setiap bulan. Begitu seorang agen berhasil meng-goalkan penjualan sebuah propoerti, ia akan mendapat komisi yang lebih besar bahkan hingga 10 X lipat dari gaji bulanannya.

Karena itu, bagi Anda yang ingin menggeluti bisnis properti akan tetapi memiliki keterbatasan modal, Anda bisa memulainya dengan menjadi agen properti terlebih dahulu dengan bekerja secara formal pada sebuah pengembang. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan mendapat banyak pengetahuan teoretis maupun taktis dalam bagaimana mengoperasikan dan mengembangkan bisnis properti, akan tetapi juga berkesempatan ‘menabung’ modal sekaligus untuk memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Namun demikian, pastikan usaha Anda tersebut tidak sia-sia karena jika Anda salah memilih sebuah pengembang yang perusahaan propertinya akan Anda jadikan ‘batu loncatan’ akan tetapi tidak kredibel, Anda akan membuang waktu percuma. Ilmu-ilmu seputar bisnsi properti mungkin tetap Anda gunakan, akan tetapi Anda hanya akan mendapat gaji dan tidak mendapat komisi penjualan. Padahal bagi sorang agen properti, komisi tak ubahnya tiket surga gratis yang begitu mereka buru.

Solusi terbaiknya adalah dengan bekerja pada pengembang yang bisa memuluskan jalan Anda menjadi seorang pebisnis properti. Paling tidak, berikut adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika memilih dan memutuskan akan bekerja untuk pengembang mana.

  • Kredibilitas dan Nama

Semakin populer dan kredibel sebuah perusahaan properti, semakin mudah Anda menyukseskan penjualan produk-produk yang mereka tawarkan dan begitu juga sebaliknya. Calon pembeli tidak akan berpikir banyak untuk membeli properti di bawah pengembang yang sudah terkenal. Namun demikian, untuk bisa diterima bekerja di sebuah perusahaan properti dengan kredibilitas tinggi dan nama besar, Anda harus menunjukkan kualitas diri dan karakter sebagai seorang calon agen properti yang bisa mendukung kesuksesan perusahaan dengan menyukseskan sebanyak mungkin penjualan.

  • Kualitas Properti

Selain persoalan nama, kualitas properti yang Anda pasarkan juga tak boleh luput dari perhatian ketika menentukan kepada pengembang atau investor mana Anda akan be kerja. Pilihlah pengembang yang menawarkan properti berkualitas dengan material kelas satu sehingga Anda akan lebih mudah mendapatkan pembeli. Pertimbangan lainnya adalah perihal komisi. Properti berbahan material di bawah standard memang akan dijual dengan harga lebih murah, akan tetapi sebagai agen properti, jumlah komisi yang menanti Anda juga akan lebih sedikit sehingga usaha maksimal yang Anda lakukan untuk menyukseskan penjualan hanya menmberikan hasil minimal. Anda tentu tak ingin ini terjadi. Selain persoalan kualitas bangunan dan bahan material, hal lain yang biasanya menjadi pertimbangan inti seorang pembeli untuk membeli sebuah properti adalah aksesibilitas wilayah dan fasilitas. Biasanya, hanya pengembang dan investor kelas kakaplah yang dapat mendapatkan lahan strategis dan menyediakan fasilitas memadai .