Merintis Bisnis Sewa Hunian Eksklusif Minimalis

Selain untuk transaksi penjualan dan pemakaian sendiri, fungsi lain dari bisnis properti adalah transaksi penyewaan. Hampir semua jenis properti bisa disewakan mulai dari rumah, ruko (rumah dan toko), ruang usaha atau lahan kosong. Tak seperti penjualan yang mendatangkan cash dalam satu waktu—atau minimal dalam beberapa gelombang—, penyewaan memberi penghasilan residual atau berkala dalam jangka waktu tertentu. Karena itulah banyak pebisnis properti yang melirik transaksi penyewaan sebab penghasilan residu yang diterima bisa mereka ‘putar’ kembali ke sektor lain baik di dalam maupun di luar bisnis properti.

Jika Anda memiliki pandangan dan anggapan sama, Anda mungkin akan mulai menerka-nerka jenis properti apa yang cocok untuk disewakan. Pada dasarnya, semua jenis properti bisa disewakan sehingga apapun properti yang saat ini Anda miliki—dan tidak sedang Anda pakai sendiri—Anda bisa menyewakannya. Namun demikian, jika penghasilan residu memang menjadi tujuan utama Anda, ada baiknya Anda mulai berpikir untuk merintis bisnis sewa hunian eksklusif minimalis di atas lahan kosong yang Anda miliki, utamanya jika lahan Anda terletak di posisi strategis dan mudah diakses. Jika Anda masih bingung dengan konsep tersebut, beberapa penjelasan di bawah ini akan membantu menghilangkan kebingungan dan keraguan Anda.

  • Segmentasi Pasar Hunian Eksklusif Minimalis

Hunian eksklusif minimalis yang Anda tawarkan menggunakan konsep dasar hotel, yakni menyediakan hunian eksklusif dan nyaman pada pelancong yang tengah berlibur ke sebuah kota untuk keperluan bisnis maupun rekreasi. Hunian eksklusif yang akan Anda bangun memiliki kamar-kamar seperti layaknya hotel atau apartemen serta ruang-ruang bersama, minimal lobi depan.

 

Meski demikian, Anda tidak melulu menggunakan sistem tarif layaknya hotel dengan hitungan harian sebab Anda juga menawarkan konsep dan paket lain, yakni mingguan, bulanan dan periode-periode lain. Ini misalnya dapat dimanfaatkan oleh peneliti yang tengah melakukan studi lapangan, mahasiswa magang di sebuah perusahaan dan lain sebagainya. Tentu saja jika dibandingkan dengan harga harian di sebuah hotel atau losmen, hunian eksklusif minimalis yang Anda miliki mematok harga yang lebih murah. Inilah yang akan menjadi andalan Anda untuk meningkatkan angka sewa dan penghasilan residua Anda

  • Fitur-fitur Andalan Hunian Eksklusif Miimalis

Dengan menambah embel-embel eksklusif di belakang namanya, Anda sebagai pemilik atau pengembang harus mempertanggungjawabkannya. Minimal, Anda harus bisa menjamin keamanan, kenyamanan dan kemudahan penghuni dalam melakukan berbagai hal selama masa tinggalnya. Selain membayar petugas keamanan seperti Satpam dan mempekerjakan petugas kebersihan, Anda juga harus memiliki manajemen yang rapi namun tetap dikemas minimalis, semisal dengan menyediakan layanan resepsionis serta bagian informasi.

  • Aksesoris-aksesoris Hunian Eksklusif Minimalis

Hal lain yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan adalah kelengkapan perabot dalam setiap kamar serta fasilitas-fasilitas umum. Kelengkapan perabot dalam kamar penghuni bisa Anda sesuaikan dengan konsep yang Anda bangun, besaran modal yang Anda miliki ataupun rencana taktis yang Anda rancang, semisal kategorisasi kamar berdasarkan harga sewa.

Selain itu, perhatian Anda juga tidak boleh luput dari fasilitas umum semisal halaman parkir, layanan Wi-Fi, kantin kecil, ruang bersantai dan lain sebagainya. Beberapa hal tersebut begitu memengaruhi dan memunculkan daya tarik tersendiri bagi penyewa potensial dari segmentasi pasar yang berbeda-beda.

 

Beberapa point di atas menggabarkan bahwa bisnis sewa hunian eksklusif minimalis bukanlah bisnis main-main sebab Anda mempertaruhkan banyak modal untuk membangun dan mengoperasikannya. Namun demikian, penghasilan yang akan Anda dapatkan juga tak kalah besar sehingga dengan letak yang strategis, bangunan yang berkualitas, manajemen berutu dan sistem marketing yang baik, Anda tak perlu cemas karena modal yang Anda keluarkan akan segera kembali dalam jumlah yang jauh lebih besar.