Meraih Sukses Melimpah dengan Bisnis Online Anda (2)

  • Keuntungan Berlimpah dan Pelanggan yang Bertambah

Dengan mengintegrasikan bisnis offline Anda dengan sistem online, Anda semakin memiliki banyak kesempatan untuk meng-goalkan penjualan. Jika selama ini basis pelanggan Anda terbatas pada konsumen di dalam kota dan sebagian di luar kota, maka integrasi dengan sistem online akan memungkinkan Anda menjangkau konsumen dan pelanggan hampir dari manapun. Untuk itu, pastikan Anda juga mengoptimalkan strategi marketing, tampilan blog dan atau website resmi serta update tampilan di berbagai social media yang Anda gunakan untuk keperluan bisnis.

Banyaknya penjualan yang Anda sukseskan juga berarti semakin berlimpahnya keuntungan yang Anda dapatkan sehingga Anda berpeluang besar mengembangkan bisnis Anda. Tak hanya itu, basis pelanggan Anda juga akan semakin banyak dan tersebar di berbagai penjuru, bahkan mungkin di luar negeri. Bangunlan komunikasi dengan pelanggan Anda dan minta mereka membuat testimoni bertransaksi dengan Anda. Tampilkan testimoni tersebut sehingga semakin banyak konsumen potensial yang tertarik membeli produk di toko Anda. Jika langkah kecil ini bisa Anda pertahankan dan kembangkan, Anda tidak perlu berpikir ulang untuk mengembangkan bisnis ke level yang lebih tinggi sebab basis pelanggan yang telah Anda miliki tidak akan berpaling dari Anda dan akan dengan mudah memutuskan untuk memberi kepercayannya kembali pada Anda. Yang pasti, Anda harus menawarkan produk dengan kualitas unggul, harga yang pantas serta layanan transaksi yang memuaskan.

  • Melebarkan Sayap dan Membesarkan Nama Perusaaan

Pengembangan bisnis offline umumnya dilakukan dengan membuka cabang di tempat atau kota lain, menggunakan sistem waralaba ataupun bekerjasama dengan pebisnis ain. Apapun jenis bisnis offline yang saat ini Anda punya dan seberapa jauh Anda mengembangkannya, integrasi dengan sistem online tetap akan menguntungkan Anda karena memperbesar kemungkinan untuk melebarkan sayap bisnis sekaligus membesarkan nama perusahaan.

Jika Anda baru memiliki satu toko atau gerai di satu kota, maka pelanggan Anda hanya akan terbatas pada orang-orang di tempat tersebut. Akan tetapi jika Anda ‘memublikasikan’ bisnis offline anda lewat sistem online, Anda bisa memperkenalkan bisnis anda tidak hanya kepada pelanggan potensial, akan tetapi juga menjaring rekan kerja potensial yang memiliki ketertarikan dan kecenderungan sama terhadap produk tertentu.

Dalam bisnis, kerjasama dengan pebisnis lain merupakan satu langkah konkrit untuk melebarkan sayap bisnis dan semakin membesarkan nama perusahaan. Dengan membuka cabang di tempat atau kota lain, misalnya reputasi produk yang Anda jual akan semakin tinggi dan ini dapat cukup memengaruhi konsumen untuk menjatuhkan pilihannya pada produk Anda dibanding tawaran competitor.

  1. Meraih Keuntungan dari Iklan

Salah satu keunikan sekaligus keunggulan dari sistem online adalah peluang mendapatkan komisi dari sistem iklan internet. Karena itu, jika blog atau website resmi bisnis Anda memiliki banyak pengunjung, bahkan pengunjung rutin, tidak ada salahnya Anda menaruh iklan yang Anda perkirakan akan menarik minat konsumen Anda. Jika konsumen Anda benar-benar mengklik iklan di website Anda yang kemudian mengarahkan mereka pada situs lain yang iklannya Anda tampilkan, Anda akan mendapat komisi darinya dan ini bisa menjadi uang tambahan iseng yang berarti bagi kelangsungan bisnis Anda, semisal untuk mengganti biaya operasional internet sehingga keuntungan Anda bisa semakin utuh.

Enam alasan di atas adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk mengintegrasikan bisnis offline yang Anda miliki dengan sistem online. Satu hal yang perlu Anda pahami adalah bahwa sistem online tidak akan merugikan siapapun, termasuk pebisnis manapun, selagi mereka kreatif dan bisa memanfatkan keadaan dan mengubahnya menjadi peluang dan kesempatan.