Meraih Sukses Melimpah dengan Bisnis Online Anda (1)

Bisnis online yang belakangan ini marak dan membuat siapapun bisa menjadi pebisnis sukses berlimpah rupiah dianggap dapat mengancam eksisitensi pebisnis offline yang sudah lebih dulu makan asam garam dan malang melintang di dunia bisnis. Anggapan ini ada benarnya jika melihat besarnya animo konsumen untuk berpaling dari toko offline ke toko online. Apalagi, jumlah kepemilikan gadget juga semakin meninggi di masyarakat dari segmentasi yang berbeda. Penyedia layanan telekomunikasi juga seakan berlomba untuk memberikan promosi paling menggiurkan demi menggaet sebanyak mungkin pelanggan dan sebanyak mungkin transaksi. Jika Anda adalah salah satu di antara pebisnis offline, Anda seharusnya bisa membaca keadaan ini sebagai tantangan dan bukannya masalah. Pengalaman yang Anda miliki selama mengelola bisnis offline masih tetap memberi nilai lebih bagi Anda dibandin pebisnis-pebisnis amatir yang baru terbuai dengan mimpi kesuksesan.

Caranya adalah dengan meng-online-kan bisnis offline Anda. Jika Ada berpikir bahwa Anda tidak memiliki pengetahuan tentang bisnis online dan bagaimana memulai sekaligus me-merger bisnis offline Anda dengan sistem online, Anda tidak perlu khawatir. Ada banyak buku dan panduan yang bisa membimbing Anda dan Andapun bisa belajar secara otodidak ataupun banyak bertanya pada teman atau saudara yang tengah menggeluti bisnis online. Atau, jika Anda mempekerjakan karyawan, lakukan rekrutmen untuk mendapatkan seorang karyawan yang secara khusus akan mengurusi pemekaran bisnis Anda dengan sistem online.

Namun demikian sebelum itu, paling tidak Anda mengetahui alasan-alasan dasar untuk meng-online-kan bisnis offline Anda berikut;

  • Modal Minimal

Untuk meng-online-kan bisnis offline Anda, Anda tidak harus mengeluarkan banyak modal. Dengan membuat akun dan fanspage resmi di berbagai media sosial, membuat situs resmi (atau blog) perusahaan atau toko dan membuka layanan online dan real time, Anda sudah bisa melakukan banyak hal lebih. Paling banter, Anda harus memasang jaringan Wi-Fi di kantor sehingga karyawan Anda bisa langsung berkomunikasi dengan pelanggan. Perangkat dasar kantor lain, semisal laptop atau computer juga tidak membutuhkan banyak modal mengingat sebagian besar dari Anda pasti sudah memilkinya. Kalau terpaksa harus membeli, Anda juga tidak akan rugi sebab perangkat tersebut multifungsi sehingga tidak hanya akan digunakan untuk memperlancar sistem online.

  • Mempermudah Akses Komunikasi Konsumen

Seperti yang disinggung pada point pertama, sistem online dalam bisnis offline akan mempermudah akses komunikasi konsumen, utamanya jika perusahaan atau toko yang Anda miliki sudah mempunyai nama dan tempat tersendiri di hati konsumen. Anda hanya tinggal menyebarkan informasi bahwa bisnis offline yang Anda miliki sudah terintegrasi dengan sistem online sehingga konsumen atau pelanggan bisa lebih mudah berkomunikasi dengan Anda atau karyawan Anda tanpa harus mengunjungi gerai atau toko yang men­-display barang dagangan Anda.

  • Satu Solusi Multi Manfaat

Dengan akses komunikasi yang lebih mudah dengan para konsumen, Anda bisa melakukan banyak hal dengan cara yang jauh lebih efisien dan mudah. Ketika Anda baru kedatangan stock barang baru, tengah menawarkan diskon atau promosi menggiurkan, atau meluncurkan produk baru, Anda tidak hanya bisa menempel aksesoris di seluruh bagian toko. Anda bisa mengumumkan hal tersebut lewat sistem online sehingga konsumen dan pelanggan akan berebutan datang mengunjungi toko Anda. Jangan lupa untuk mengunduh informasi dasar mengenai barang baru yang Anda tawarkan atau gambar dari produk ‘new arrival’ tersebut sehingga pelanggan tetap bisa melakukan transaksi tanpa harus mengunjungi toko Anda.