Menikmati Wisata Agama di Negeri Paman Sam

Negara Amerika Serikat adalah Negara yang mana merupakan tempat berkumpulnya berbagai agama, etnis, dan budaya. Dengan begitu banyak wisatawan yang berkunjung ke negara ini, maka hal ini membuktikan bahwa negera yang sering dijuluki dengan Paman Sam tersebut begitu kaya dengan eksotika alamnya. Dan apabila Anda mengira tempat ini hanya sesuai untuk wisata shopping atau negara yang padat dengan gedung canggih, maka Anda sudah salah menilai Amerika. Sebab Amerika juga banyak sekali tempat ibadah yang dapat dijadikan objek wisata religi.

Berwisata harus selalu mengandung tujuan. Dan tujuan berwisata tidak hanya untuk menikmati keindahan alam. Tetapi, traveling juga dapat menjadi sarana untuk lebih mengenal Tuhan agar dapat memperkokoh keimanan seseorang akan kebesaran Tuhannya. Wisata keagamaan saat ini sudah menjadi tren para wisatawan sebagai sarana untuk mengingat Tuhan. Berikut ini beberapa wisata keagamaan yang bisa anda pelajari selama traveling di Amerika :

  • Wisata Agama ke Tempat The Islamic Center of Washington

Tidak ada yang menyangka bahwa kota Washington ternyata mempunyai The Islamic Center of Washington. Bangunan tersebut adalah masjid yang dijadikan pusat kebudayaan Islam di wilayah ini. Lokasi Islamic Center of Washington berada di Embassy Row, Massachusetts Avenue yang sudah ada berdiri sejak tahun 1957.

Bangunan Islamic Center of Washington pun tidak dibangun tanpa tujuan. Pembangunan gedung tersebut berasal dari sumbangan negara-negara Muslim di dunia, seperti Iran memberikan karpet persia yang paling bagus dan Turki yang menyumbang keramik terbaik serta tidak ketinggalan Mesir yang menyumbang lampu perunggu cantik dan kaligrafi yang menghiasi dinding dan langit-langit,

The Islamic Center of Washington mampu memuat kurang lebih enam ribu jamaah. Wisatawan Muslim dapat bebas datang ke tempat tersebut kapan saja, untuk mempelajari Islam, belajar membaca Al Quran, belajar bahasa Arab atau mengenal kehidupan umat Muslim di Negeri Paman Sam. Presiden AS pernah beberapa kali ke tempat ini untuk memberikan sambutan terkait perayaan umat Muslim. Jadi tempat ini wajib Anda kunjungi jika Anda berkunjung ke Washington untuk memperluas pengetahuan Anda mengenai sejarah kebudayaan dan perkembangan Islam di negara adidaya ini.

  • Wisata agama di Mississippi Muslim Museum

Berwisata ke objek wisata agama di negara Amerika Serikat terasa tidak lengkap tanpa berkunjung ke Mississippi Muslim Museum. Museum muslim ini didirikan pada tahun 2001. Museum muslim di Amerika ini dibangun dengan tujuan yang mulia yaitu untuk memperkenalkan sejarah dan kebudayaan Islam di dunia kepada para wisatawan. Museum ini hanya dapat dikunjungi dari hari Senin sampai Jumat dan terbuka untuk umum.

Sejarah dan kebudayaan Islam di dunia bisa Anda pelajari di papan-papan informasi pada dinding-dinding museum. Tidak hanya itu, ada juga artefak kuno berupa tulisan ayat-ayat Al-Quran yang didapat dari berbagai belahan di dunia. Yang unik dari tempat ini adalah pajangan pakaian-pakaian umat Muslim di berbagai negara yang berbeda namun tetap bertujuan untuk menutup aurat.

Mississippi Muslim Museum menyajikan berbagai informasi mengenai toleransi kehidupan beragama antara Islam dan agama lainnya. Misalnya, bagaimana khalifah Umar bin Khattab memberi jaminan kehidupan kepada masyarakat Jerusalem pada masa sekitar tahun 600 Masehi. Pada saat itu, Umar bin Khattab membiarkan umat Kristen dan Yahudi untuk beribadah sesuai kepercayaan masing-masing. Di museum ini Anda dapat mengambil pelajaran dari sejarah penyebaran Islam dan bagaimana Islam mengatur penganutnya untuk saling menghargai dan menghormati penganut agama lain.

  • Wisata Agama ke Mission Dolores di California

Mission San Francisco de Asís atau Mission Dolores merupakan bangunan keagamaan tertua yang berada di San Francisco. Tempat ibadah tersebut dibangun pada tanggal 29 Juni 1776 oleh Father Francisco Palou dan Letnan José Joaquin Moraga di bawah arahan Father Junipero Serra. Bangunan ini tidak hanya menjadi tempat ibadah melainkan juga menjadi salah satu objek wisata religi yang ada di kota San Francisco, Amerika.

Gedung yang selamat dari gempa besar pada tahun 1906 ini tidak hanya menawarkan wisata religi, wisata sejarah, serta arsitektur. Dalam tur yang ditawarkan pengelola bangunan ini, pengunjung dapat mengunjungi The Cemetery and Gardens of Mission Dolores. Di dalam bangunan ini terdapat taman yang indah yang ditanami bunga yang Indah dan pepohonan yang telah tumbuh sejak tahun 1791.

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan taman botani Ohlone Indian dan kebun khusus tanaman asli Amerika. Selain itu terdapat juga kebun mawar yang merupakan hadiah dari Golden Gate Rose Society. Di taman ini juga terdapat patung Father Junipero Serra yang menampilkan figur utuh sang tokoh.

Kapel di tempat ini dibuat dengan desain khas bangunan kolonial Spanyol. Dindingnya dibangun dengan batu bata yang memiliki ketebalan empat kaki. Sedangkan struktur penyangga atap terbuat dari kayu redwood. Langit-langit pada bangunan ini didesain dengan gaya tradisional Indian serta dicat dengan pewarna alami berbahan sayuran. Museum ini tidak hanya dikenal sebagai tempat ibadah, tetapi juga karena keindahan arsitekturnya yang menjadikan tempat ini wajib dikunjungi jika Anda ingin menjelajahi objek wisata religi di Amerika.