Mengenal SEO dan Cara-Cara Memenangkan Persaingannya (2)

  •  Mengoptimalisasi Penggunaan Title Tag

Setelah menentukan kata kunci dan menyebarnya secara merata—dengan jumlah yang wajar—di seluruh bagian content untuk memenangkan persaingan SEO, langkah anda belum selesai. nda juga harus memasukkan kata kunci dalam title tag. Title tag adalah adalah tulisan yang muncul di bar paling di atas pada halaman website Anda. Bar paling atas tersebut bersandingan dengan logo browser yang Anda gunakan dan terletak di atas alamat blog atau website. Menyelipkan kata kunci dalam title tag dapat menggambarkan produk atau jasa apa yang Anda tawarkan sekaligus akan muncul dalam hasil pencarian search engine di garis teratas. Garus tengah berisi cuplikan content yang memuat kunci (meta tag) sedang garis paling bawah adalah alamat blog atau website.

Anda bisa melakukan pengaturan ini—memasukkan kata kunci dalam title tag dan membuat title tag yang sesuai—ketika mengoptimasi dan mempermak blog atau website Anda untuk pertama kalinya. Jangan lupa untuk tidak hanya menyisipkan kata kunci dalam title tag, akan tetapi juga kata-kata lain yang deskriptif dan ‘menjual’. Jika Anda menawarkan jasa pembelian tiket transportasi online dengan kata kunci tiket transportasi online, maka contoh title tag website Anda adalah Bursa Tiket Transportasi Online Terpercaya, Beli Tiket Transportasi Online di Sini dan lain sebagainya. Dengan hanya melakukan permak kecil yang demikian, Anda sudah melakukan hal berarti untuk membuat website Anda lebih SEO friendly.

  • Mengoptimalisasi Penggunaan Headings

Ketika Anda menulis sebuah content dan akan memasukknya ke dalam sistem, Anda akan bertemu dengan fitur heading dalam pengaturan HTML. HTML memiliki 6 level heading yang urutannya didasarkan pada prioritas. Heading pertama adalah yang terpenting—karenanya disajikan dalam font yang paling besar—sedang heading keenam adalah yang paling tak penting. Heading yang demikian tak ubahnya judul sebuah tulisan ataupun headline surat kabar. Pastikan Anda memasukkan kata kunci dalam heading pertama serta heading-heading (subjudul) selanjutnya. Selain dapat memudahkan Anda memenangkan persaingan SEO, pengaturan yang demikian juga memudahkan pembaca menyerap content anda.

  • Tidak Menggunakan ‘Cara Belakang’

Seperti dalam bisnis-bisnis lain, cara belakang atau bermain curang hanya akan menyelamatkan Anda sesaat akan tetapi akhirnya akan menghancurkan Anda dan bisnis yang tengah Anda bangun. Hal yang sama sekali tidak direkomendasikan ini juga terdapat dalam persaingan menjadi website paling SEO friendly dengan mendapatkan urutan teratas dalam hasil pencarian search engine. Caranya adalah dengan menggunakan sebuah strategi yang umum dikenal dengan istilah black hat.

Seperti namanya, black hat menyiratkan konotasi makna yang negatif. Jika Anda rajin menjelajah internet, Anda mungkin sering merasa ‘dikecoh’ oleh sebuah situs yang memiliki kata kunci yang cocok dengan apa yang Anda ketik di search box mesin pencari. Karena itulah, search engine akan menampilkan link ke website atau blog tersebut di urutan-urutan pertama. Anda kemudian mengklik link dan mengunjungi situs tersebut kemudian mendapati bahwa isi website atau blog yang Anda kunjungi tidaklah sama dengan kata kunci yang dimilikinya. Alih-alih memberikan informasi yang Anda butuhkan, Anda biasanya akan disuguhi berbagai iklan atau topik bahasan yang sama sekali berbeda dengan apa yang Anda butuhkan.

Karena itu, jangan lakukan hal yang sama hanya agar ‘toko online’ Anda kebanjiran pengunjung dan memenangkan kompetisi SEO. Ingat bahwa Anda tidak hanya membutuhkan pengunjung, akan tetapi Anda bermaksud mengubahnya menjadi pembeli produk atau pengguna jasa. Jika Anda mengecewakan pengunjung bahkan membuat mereka kesal, Anda, brand bisnis Anda sekaligus website atau blog Anda akan di-blacklist oleh pengunjung dan dengan sendirinya akan mengalami crash dan burn. Status sebagai website yang SEO friendly tidak akan bertahan lama dan bisnis Anda hanya akan semakin tenggelam.