Memetik Manfaat Dari Investasi Pada Bisnis Properti

Bisnis properti telah sejak lama mendapat tempat di hati masyarakat terutama bagi mereka yang memilih bisnis properti sebagai instrument investasinya. Investasi pada bisnis properti kini memang tengah menjadi trend di masyarakat karena dibandingkan instrument investasi lainnya, bisnis properti tergolong sebagai investasi yang sangat aman dan minim resiko, namun dalam hal keuntungan bahkan bisa mengungguli hasil investasi pada reksa dana saham.

Berbicara mengenai investasi pada bisnis properti, maka anda akan menemukan banyak sekali kelebihan dan manfaat yang bisa anda peroleh. Nah, berikut ini beberapa ulasan terkait manfaat yang bisa anda petik ketika anda memutuskan untuk berinvestasi pada bisnis properti yang diantaranya yaitu :

  1. Keuntungan maksimal dalam jangka panjang

Dengan berinvestasi pada aset properti, maka anda akan mendapatkan manfaat berupa keuntungan dari hasil investasi yang bisa anda petik dalam kurun waktu jangka panjang. Dimana hasil investasi properti sendiri bahkan bisa menyamai ataupun melebihi hasil investasi pada instrument reksa dana pasar saham yang biasanya dikenal mampu memberikan imbal hasil paling tinggi. Dengan asumsi resiko yang minim, maka tentunya imbal hasil yang ditawarkan investasi properti jauh lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan instrumen selainnya. Anda bisa memperoleh manfaat berupa peningkatan nilai pokok investasi anda. Yang artinya, jika anda saat ini membeli properti berupa sebidang tanah seharga 100 juta, maka 10 tahun kemudian ketika anda ingin menjual tanah tersebut maka harga jualnya akan meningkat dan bahkan bisa mencapai 200 juta hingga 300 juta. Tentunya peningkatan yang signifikan dari harga awalnya.

  1. Berinvestasi dengan resiko yang relatif kecil

Resiko dalam berinvestasi properti terbilang kecil dibandingkan instrumen investasi lainnya. Inilah salah satu manfaat paling utama yang ditawarkan investasi properti. Memang segala bentuk investasi pasti mengandung resiko. Namun dapat dikatakan bahwa resiko investasi properti relatif paling kecil dibandingkan aset investasi lain seperti emas yang sangat beresiko dicuri atau dirampok, lalu investasi saham maupun reksa dana memiliki sfat yang sangat labil dan beresiko anjlok harganya di pasar saham dan masih banyak lagi lainnya. Resiko yang mungkin terdapat dalam investasi properti adalah adaya kerusakan akibat bencana. Itupun kemungkinan atau potensi terjadinya tebilang sangat kecil.

  1. Dapat dioptimalkan sebagai bisnis sampingan

Investasi properti memiliki manfaat lain yakni dapat dimanfaatkan secara optimal untuk kepentingan bisnis sampinga agar anda juga bisa mendapatkan penghasilan bersifat liquid dan rutin dari aset properti anda. Manfaat ini tidak terdapat dalam instrument investasi lainnya yang kecenderungan tak dapat dimanfaatkan untuk bisnis sampingan. Emas pun hanya dapat digadaikan, bukan untuk berbisnis sampingan seperti membuka tempat kost, usaha kontrakan rumah dan lain sebagainya. Aset investasi dapat tetap dipakai tanpa mengurangi pertumbuhan nilai investasi yang tentunya manfaat ini tak dimiliki instrumen investasi selainnya.

  1. Sangat aman dan Minim resiko kehilangan

Berbeda dengan aset investasi seperti emas ataupun perhiasan yang resiko kehilangannya cukup besar seperti resiko dicuri ataupun dirampok yang menunjukkan tingkat keamanannya yang sangat kurang. Investasi pada bisnis properti hampir tak memiliki resiko kehilangan karena merupakan aset menetap di lokasi tertentu. Adapun resiko kehilangan mungkin muncul ketika terjadi sengketa perebutan properti. Namun resiko tersebur dapat dihindari sepanjang anda memastikan properti anda memiliki legalitas yang jelas.