Melirik Lezatnya Prospek Bisnis Warung Kopi (2)

  • Mempromosikan Tata Boga Lokal

Persoalan cita rasa juga tidak boleh luput dari perhatian Anda karena pengunjung akan kembali mengunjungi warung kopi Anda atau memromosikan pada temannya jika Anda menawarkan menu yang bercitarasa. Jangan berpikir bahwa Anda harus terlebih dahulu menjadi ahli peracik kopi untuk bisa membuka usaha warung kopi. Anda hanya tinggal menguatkan konsep yang telah Anda pilih kemudian menemukan orang yang tepat untuk mengeksekusinya. Di antara berbagai pilihan yang bisa Anda pertimbangkan sebagai menu andalan di adalah tata boga lokal atau cara meracik kopi tradisional yang khas dari suatu daerah tertentu. Selain akan menguatkan kesan bahwa usaha yang Anda rintis benar-benar warung kopi, ini juga akan mengundang banyak pengunjung karena rasa penasaran terhadap kopi lokal dari berbagai daerah. Pastikan menu yang Anda tawarkan tidak hanya menarik untuk dicicipi pertaa kali, akan tetapi juga menggoda untuk dikonsumsi lagi-lagi.

  • Tidak Hanya Menjual Kopi

Berdasarkan namanya, warung kopi memang membawa kesan seolah-olah hanya menjual kopi dari berbagai jenis dan teknik racik. Namun demikian, tidak sedikit pengunjung warung kopi yang hanya suka ngopi tanpa meminum kopi. Ini artinya bahwa mereka suka bercengkerama bersama teman, menghadiri pertemuan, menyaksikan live music atau menghabiskan waktu di warung kopi akan tetapi tidak suka—atau tidak boleh—meminum kopi. Karena itu, pastikan Anda juga menyediakan minuman lain mulai dari yang kemasan hingga racikan dapur Anda sendiri. Ini juga memberi banyak pilihan kepada pengunjung sehingga angka pengunjung akan semakin tinggi dari hari ke hari karena mereka bisa mendapatkan minuman yang diinginkan di warung kopi Anda.

  • Menawarkan ‘Makanan’ Lain

Selain minuman lain, tak ada salahnya Anda juga menyediakan makanan berat maupun ringan. Jika konsep dan suasana yang Anda pilih berhasil membuat pengunjung berlama-lama di warung kopi Anda, mereka akan dengan sendirinya terdorong untuk melakukan pembelian lain dan inilah yang harus bisa Anda manfatkan. Ini utamanya berlaku bagi makanan yang cocok dikonsumsi dengan kopi, semisal rokok, camilan dan lain sebaginya. Meski fokus utama bisnis Anda adalah kopi, cita rasa makanan lain yang Anda tawarkan juga tidak boleh luput dari perhatian. Dengan begitu, warung kopi Anda akan meninggalkan kesan sebagai tempat yang menyediakan banyak hal dengan kulitas atas dan suasana yang nyaman. Pengunjung tidak hanya akan kembali berdatangan akan tetapi juga merekomendasikan warung kopi Anda kepada sahabat atau kerabat.

  • Menentukan Strategi Marketing

Sekuat apapun karakter suasana yang ingin Anda bangun, seprima apapun konsep pelayanan yang Anda siapkan dan setinggi apapun citarasa kopi serta minuman dan makanan lain yang Anda tawarkan, semuanya tak akan berarti banyak tanpa strategi marketing yang jitu dan tepat. Untuk itu, Anda juga harus memikirkan strategi marketing yang akan Anda gunakan dalam mengenalkan dan mempromosikan warung kopi Anda. Anda bisa menggunakan media internet, menggelar soft openin dan memberi diskon pada sekian pelanggan pertama, ataupun mengadakan open house agar target pasar Anda bisa mencicipi berbagai menu yang Anda tawarkan dan menikmati suasana warung kopi yang telah Anda permak sedemikian rupa. Berkonsultasi dengan pakar marketing atau mereka yang berpengalaman akan sangat membantu Anda dalam proses ini, utamanya jika Anda belum banyak memiliki pengetahuan dan pengalaman di dunia marketing. Tak hanya teknik promosi di awal, Anda juga harus memikirkan teknik promosi dan marketing jangka panjang.