Melirik Besarnya Peluang Bisnis Properti di Tahun 2016

Tahun 2015 akan segera berakhir. Biasanya, seiring dengan berakhirnya tahun banyak sekali peluang-peluang bisnis yang sangat menjanjikan termasuk peluang bisnis properti. Bukan akhir tahunnya yang penting akan tetapi dengan datangnya tahun baru inilah yang menjadikan banyak orang yang ingin membeli barang termasuk rumah. Untuk itu banyak pengembang properti yang melihat fenomena tersebut mengambil kesempatan dengan cara menjual propertinya.

Hal ini tentu bisa menjadi kesempatan berharga bagi para calon pembeli properti. Sebab semakin banyak pengembang properti yang menjual maka akan semakin ketat persaingan jual belinya. Nah, disinilah anda harus pandai-pandai mencari rumah yang murah dan sesuai dengan isi kantong anda.

Bagi para pengembang properti, datangnya akhir tahun mungkin menjadi hal yang sangat tidak diinginkan. Sebab seringkali harga properti bisa sangat jatuh di titip terendah. Untuk itu bagi para pengembang properti seharusnya tidak kehabisan akal untuk bersaing dengan pengembang yang lainnya. Maka dari itu pengembang properti perlu melihat kembali hal-hal yang mampu mempengaruhi sistem marketing propertinya untuk melihat peluang bisnis properti di tahun 2016 nantinya, sebagaimana berikut ini:

  • Pengembang properti harus mulai terbuka akan melebarnya peluang bisnis di tahun 2016.
  • Pengembang bisnis properti juga harus siap dengan adanya tren cash flow yang akan berdampak pada penurunan daya jual.
  • Naiknya bahan bangunan dan suku bunga jasa konstruksi yang semakin naik akan sangat mempengaruhi proses realisasi suatu bangunan.
  • Seiring dengan akan meningkatnya daya beli masyarakat terhadap properti justru pengembang properti harus semakin waspada. Sebab masyarakat saat ini sudah semakin cerdas dalam memilah properti mana yang harus dibeli. Untuk itu para pengembang harus semakin selektif terutama dalam proses pengembangan proyek properti.
  • Sudah saatnya pengembang properti melakukan konsolidasi ulang khususnya yang berhubungan dengan waktu pembangunan dan launching properti.

Dari beberapa aspek penting yang harus diperhatikan para pengembang properti di atas ternyata masih membuka peluang bisnis yang semakin cerah. Di antara peluang bisnis di bidang properti yang bisa anda tekuni pada tahun 2016 nanti di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pada tahun 2016 nanti pemerintah masih tetap fokus pada pembangunan infrastruktur sehingga bisa dikatakan bahwa peluang bisnis properti masih sangat terbuka lebar.
  2. Adanya pasar terbuka MEA menjadi target pasar yang sangat potensial untuk menjual segala jenis properti
  3. Meskipun rupiah terpuruk tapi ini tidak terlalu menutup peluang bisnis properti. Properti sangat identik dengan bidang ekspor impor barang. Untuk itu peluang properti masih akan sangat potensial.
  4. Properti untuk kalangan menengah ke atas akan melonjak tajam seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia.
  5. Nilai jual apartemen pada kisaran 500 juta hingga 1 milyar rupiah masih sangat berpeluang besar.

Besarnya peluang bisnis properti di tahun 2016 diperkuat dengan analisa Arief Rahardjo (Director Research and Advisory Cushman & Wakefield Indonesia) yang mengatakan bahwa investasi pada bidang properti akan mengalami kenaikan drastis pada kisaran 10-15%. Meskipun pada aspek lain banyak juga hal yang perlu diantisipasi agar tidak menjadi boomerang terhadap bisnis anda. Khususnya pada nilai tukar rupiah yang semakin melemah. Hal ini akan dapat membahayakan bisnis kita jika tidak disikapi dengan baik.