Langkah Sukses dalam Bisnis Properti untuk Pemula

Bisnis properti adalah bisnis menggiurkan dengan ribuan jalan terbentang untuk mendapat keuntungan berlimpah, jam kerja yang fleksibel serta manfaat yang beragam. Selain bisa Anda gunakan sebagai mata pencaharian, bisnis jenis ini juga bisa Anda jadikan sebagai investasi pribadi untuk menyiapkan hunian jangka panjang, hunian hari tua, hadiah rumah untuk pasangan, anak maupun orang tua. Namun demikian, keahlian dan kepiawaian berbisnis properti bukanlah sepaket kemampuan yang turun dari langit dan bisa Anda miliki dalam waktu singkat. Anda harus berproses dan mengetahui keadaan real di lapangan bagaimana logika dan alur bermain dalam bisnis property. Kendatipun Anda memiliki modal cukup untuk memulai bisnis properti dalam skala besar, misalnya, Anda tidak disarankan langsung memulainya sebab Anda masih miskin pengalaman dan pengetahuan, utamanya pengetahuan praktis. Untuk itu, bersabarlah sejenak dan nikmati proses Anda mulai dari pebisnis properti pemula hingga advance.

Untuk belajar mengenal medan, berikut adalah beberapa pilihan bisnis yang bisa Anda pertimbangkan.

  • Berinvestasi pada Pengembang

Pilihan ini utamanya berlaku bagi Anda yang memiliki hasrat kuat dan modal cukup untuk memulai bisnis properti. Carilah sebanyak mungkin informasi mengenai kemungkinan berinvestasi pada pengembang komplek perumahan atau apartemen. Pilihlah pengembang dengan track record yang bersih dan jaringan bisnis yang luas sehingga sembari belajar banyak dari lapangan dan proses yang Anda lewati, Anda juga bisa meraup keuntungan. Sebagai investor, sedikit banyak Anda akan mengetahui bagaimana menjalankan bisnis properti, mulai dari memilih dan mencari lahan, mengurus peridzinan, membuat denah atau sketsa bangunan, memilih material bangunan, teknik promosi dan marketing dan lain-lain. Ilmu dan pengalaman inilah yang akan banyak membantu Anda ketika Anda turun sendiri mengelola bisnis properti Anda nantinya.

  • Menjadi Perantara Penjulan Properti

Menjadi perantara dalam jual beli property adalah pilihan tepat bagi Anda yang tidak memiliki cukup modal untuk berbisnis properti akan tetapi memiliki ketertarikan dan hasrat yang kuat untuk menggelutinya. Untuk menjadi perantara, Anda bisa melakukan komunikasi kultural maupun mengajukan diri sebagai formal pada pengembang atau pemilik tanah/rumah/bangunan yang akan dijual. Dengan berhubungan dan bertinteraksi langsung dengan pemilik bangunan dan (calon) pembeli, Anda bisa mengetahui dan mengalami sendiri pertimbangan apa saja yang ada diperhitungkan kedua belah pihak terkait sebuah transaksi. Anda juga bisa melatih kepiawaian Anda meyakinkan orang lain dan mulai belajar memahami tipe-tipe pembeli, kebiasaan dan kecenderungan pilihannya. Dengan begitu, ketika Anda sudah mulai merintis bisnis properti, Anda akan memiliki banyak gambaran tentang langkah-langkah strategis untuk mempercepat perkembangannya.

  • Membeli Apartemen

Jika Anda belum terbiasa atau yakin untuk menginvestasikan sejumlah uang pada pengembang atau memiliki pertimbangan lain, utamanya mengenai resiko berinvestasi, Anda bisa mulai masuk ke dunia bisnis properti dengan memiliki properti, katakanlah apartemen. Apartemen tersebut bisa Anda tempati sembari Anda tawarkan untuk penjualan atau penyewaan. Dengan demikian, mulai dari proses pembelian, pengiklanan dan transaksi selanjutnya yang Anda lakukan, banyak hal yang dapat Anda pelajari sehingga sedikit banyak, Anda akan memiliki gambaran bagaimana Anda akan membangun dan mengembangkn bisnis properti Anda nantinya.

Selain beberapa hal tersebut di atas, satu hal lain yang tak boleh luput dari perhatian Anda alah mempelajari bisnis property secara teoretis. Ini bisa Anda lakukan dengan membaca buku, menghadiri seminar terkait atau bergabung dengan asosiasi pengusaha properti. Hal-hal yang Anda lihat di lapangan perlu diimbangi dengan hal-hal teoretis sehingga pengetahuan Anda tidak pincang. Dengan begitu, sembari mengumpulkan modal dan menyiapkan sekian banyak hal, konsistenlah mencari pengetahuan lapangan mapun teor untuk segera menuangkan gagasan cemerlang Anda merintis bisnis property.