Ketahui Perbedaan Antara Asuransi Properti Dengan Asuransi Kebakaran

Sebagian besar masyarakat masih kurang mengerti tentang perbedaan antara asuransi properti dengan asuransi kebakaran. Bahkan dari mereka ada yang tidak peduli terhadap asuransi apapun. Padahal asuransi memiliki peran yang begitu penting dalam pengembangan bisnis khususnya properti. Bagi para pengembang properti asuransi merupakan unsur penting dalam pembangunan suatu properti. Dengan asuransi properti maka rumah atau apartemen yang sedang anda bangun akan terlindung dari berbagai risiko. Di antara risiko yang membutuhkan asuransi ialah musibah kebakaran, ledakan, dan lain sebagainya. Namun perlu anda ketahui bahwa antara asuransi properti dan asuransi kebakaran ternyata ada bedanya. Simak penjelasannya berikut ini:

Asuransi Kebakaran

Yang dimaksud dengan asuransi kebakaran yaitu jaminan kerugian dari suatu properti atau kerusakan yang terjadi pada harta benda akibat dari terjadinya kebakaran atau penyebab lain yang dicantumkan di dalam polis asuransi. Paling tidak ada kurang lebih lima jenis penyebab asuransi kebakaran yaitu petir, ledakan, tertimpa pesawat terbang, asap, dan kebakaran itu sendiri.

  • Petir

Kerusakan yang ditimbulkan oleh musibah petir ini mencakup peralatan listrik, mesin listrik atau instalasi listrik. Semua kerugian yang menimpa peralatan tersebut dijamin oleh polis asuransi. Apalagi jika terjadi kebakaran yang ditimbulkan oleh petir tersebut maka ini berhak mendapatkan asuransi kebakaran.

  • Ledakan

Ledakan yang terjadi pada harta benda yang menjadi tanggungjawab polis asuransi atau sejenisnya juga berhak mendapatkan asuransi kebakaran.

  • Tertimpa pesawat terbang

Harta benda yang tertimpa pesawat terbang, helikopter, atau benturan fisik antara keduanya menjadi tanggungjawab asuransi kebakaran.

  • Asap

Asap yang timbul dari adanya kebakaran harta benda juga menjadi tanggungjawab polis asuransi kebakaran bukan asuransi properti itu sendiri.

  • Kebakaran

Dalam polis asuransi terdapat tiga macam kebakaran yang termasuk di dalam perlindungan asuransi. Yaitu kebakaran yang disebabkan oleh panas yang timbul sendiri, terjadinya arus pendek dan terjadinya kebakaran yang disebabkan benda lain.

Ada beberapa risiko yang tidak dijamin oleh asuransi kebakaran. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Terjadinya kerusakan yang diakibatkan pengrusakan secara sengaja seperti peperangan, penyerbuan, dan tindakan merusak lainnya
  • Terjadinya reaksi nuklir serta terjadinya pencemaran radio aktif
  • Ledakan yang terjadi secara sengaja atau yang terjadi karena adanya reaksi dari api itu sendiri.

Asuransi Properti

Asuransi kebakaran berbeda dengan asuransi properti atau yang lebih dikenal dengan asuransi rumah. Memang perbedaannya tidak begitu mencolok. Pada asuransi properti memberikan banyak jenis perlindungan terhadap properti itu sendiri. Perbedaan antara keduanya terletak pada model perlindungan yang akan diberikan ketika terjadi sesuatu terhadap aset.

Asuransi properti akan memberikan perlindungan yang lebih luas cakupannya dibandingkan asuransi kebakaran. Di antara perlindungan yang akan diberikan asuransi properti yaitu pencurian, kerusuhan, banjir, terjadinya huru-hara, dan aksi mogok. Di sinilah letak perbedaan antara asuransi properti dengan asuransi kebakaran.

Pada beberapa jenis perlindungan memang ada kesamaan antara keduanya namun paket asuransi tersebut tidak dapat disatukan. Masing-masing terdapat layanan perlindungan yang berbeda. Secara kasat mata asuransi properti memberikan perlindungan yang lebih luas dibanding asuransi kebakaran. Karena alasan inilah premi asuransi properti lebih mahal daripada asuransi kebakaran. Perusahaan asuransi biasanya menggabungkan antara kedua jenis asuransi tersebut. Tapi ada juga yang membedakan kedua paket asuransi tersebut. Oleh karena itu, anda harus mengkonsultasikannya terlebih dahulu sebelum anda berlangganan produk asuransi.