Kata Kunci Ampuh untuk Meramaikan Website Anda (2)

  • Google Keyword Sandbox

Untuk menggunakan layanan di situs ini, Anda harus memiliki akun di Goofle AdWords yang sifatnya berbayar. Bedanya dengan situs yang pertama, jika dalam situs pertama Anda lebih diarahkan mengenai variasi kata kunci, maka dalam situs ini, Anda akan mendapat informasi mengenai kata kunci yang relevan. Selain itu, tentu saja, situs ini menampilkan hasil pencarian yang dilakukan dengan search engine Google dan bukan Yahoo. Untuk mengunjunginya, Anda bisa mengetik nama situs di search box atau mengetik adwords.google.com/select/KeywordTool di adress bar.

Di halaman awal, Anda akan bertemu dengan dua menu bar. Yang pertama adalah keyword variations sedang yang kedua adalah site-related keywords. Pilihlah bar pertama dan seperti pada situs konsultasi sebelumnya, ketik power bank di kotak yang disediakan lalu Anda akan disuguhi beberapa kata kunci mulai dari yang persis sama dengan kata kunci yang Anda ketik dalam box, kata kunci dengan variasi kata lain yang masih relevan (umum disebut kata kunci LSI), hingga yang paling berbeda dan terkesan tidak nyambung. Kata kunci-kata kunci yang terkesan tidak nyambung tersebut akan tampil jika Anda mengklik link ‘Additional Keywords to Consider.’ Nama-nama merk power bank akan bermunculan tanpa mencantumkan kata ‘powerbank’. Setelah itu, Anda bisa menyimpan daftar kata kunci tersebut—sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan kata kunci Anda—dengan mengklik ‘Add All’.

Hampir bisa dipastikan, akan ada kata kunci baru yang ditampilkan situs konsultasi kedua ini dan tidak Anda temukan di situs konsultasi pertama. Ini tentu berkait dengan popularitas masing-masing search engine dan preferensi masing-masing pengguna dalam menentukan search engine mana yang mereka percayai, Karena itu, dua-duanya sebenarnya saling melengkapi karena situs pertama menunjukkan angka pencarian secara detail sedang situs kedua membukakan mata Anda tentang kebiasaan pengguna internet dalam memilih kata kunci serta kata kunci-kata kunci yang relevan dengan kata kunci umum yang Anda miliki.

  • Memanfaatkan Kebiasaan Typo

Tidak banyak yang tahu bahwa kebiasaan typo (salah ketik) termasuk dalam mengetik kata kunci yang dimasukkan dalam search box tidak hanya dilakukan oleh segelintir pengguna internet. Ada banyak sekali pengguna internet yang melakukan typo dan Anda bisa memanfaatkan ini dalam menentukan kata kunci untuk bisnis online Anda. Untuk kata power bank, misalnya, banyak yang mengetiknya powerbank (disambung), power-bank (dengan strip) power bang, power band, pawer benk, pawer bank dan lain sebagainya. Gejala yang demikian, selain karena kebiasaan, juga disebabkn kebiasaan mendengar nama suatu barang atau produk tanpa mengetahui bagaimana menuliskan nama tersebut dengan benar. Buatlah list typo dari kata kunci yang Anda miliki lalu konsultasikan kembali kepada dua situs tadi.

Anda juga bisa mengira-ngira kesalahan lain yang mungkin dilakukan oleh pengguna internet ketika mengetikkan kata kunci dalam search box berdasarkan kebiasaan mereka menyebut barang atau jasa yang Anda jual. Untuk kata kunci power bank, misalnya, banyak orang yang menyebutnya dengan singkatan PB, menyebutnya charger portable dan lain sebagainya. Perhatikan kecenderungan-kecenderungan tersebut dan pertimbangkan untuk memasukkan satu atau beberapa kata di antaranya sebagai salah satu kata kunci Anda.

Empat langkah di atas adalah langkah praktis yang bisa Anda gunakan dalam menentukan kata kunci demi menambah traffic pada website Anda. Setelah mendapatkan kata kunci di antara pilihan-pilihan yang anda, langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah kualitas konten yang didukung oleh penyebaran kata kunci dan yang berhubungan dengannya secara merata di berbagai bagiannya.