Jenis-Jenis Properti Murah untuk Investasi Jangka Panjang

Properti murah merupakan incaran para pebisnis properti yang ingin berinvestasi properti dalam jangka waktu yang relatif panjang. Disebut berharga murah adalah karena properti-properti semacam itu dijual dengan harga yang lebih murah—bahkan jauh lebih murah—dari harga wajar. Jika Anda merupakan pebisnis properti amatir, pemula dan memiliki modal kecil, Anda cenderung kurang tertarik untuk berburu jenis properti ini karena meski Anda bisa mendapatkannya dengan harga murah, Anda sebenarnya tengah bertaruh dengan keadaan. Ya, properti murah identik dengan berbagai hal yang di luar kebiasaan dan keadaan normal sebab jika sebuah properti berada dalam kondsi normal, harga jualnya tidak akan miring dan di bawah harga pasaran.

Namun demikian bagi para pebisnis properti yang visioner, berani bertaruh dan memiliki modal besar, properti murah tak ubahnya lahan potensial yang dapat mengeruk keuntungan sebanyak mungkin. Harga beli murah yang mereka dapatkan untuk mendapat properti-properti tersebut dijadikan celah dan kesempatan untuk melakukan rehabilitasi dan perbaikan sehingga atribut-atribut kurang menyenangkan dari sebuah properti perlahan dapat hilang dan terlupakan. Atribut-atribut semacam itu di antaranya adalah sebagai berikut;  

  • Properti yang ‘Bermasalah’

Properti yang ‘bermasalah’ adalah properti yang memiliki ‘sejarah’ kurang menyenangkan karena pernah menjadi lokasi tindak kriminalitas, kecelakaan yang menyeramkan, bencana alam, memiliki ‘penunggu’, lama tidak dihuni dan hal-hal semacamnya. Atau jika tidak, properti bermasalah adalah properti yang sengaja dibekukan pemiliknya atau menjadi sengketa antara dua belah pihak dan status hukumnya masih dalam proses. Keberadaanya seringkali sangat mencolok di antara properti-properti lain karena tidak ditemukan aktivitas dan tidak terawat. Ketika malam hari, properti murah semacam ini biasanya gelap tanpa penerangan dan begitu berbeda dengan bangunan atau wilayah di sekitarnya yang terang-benderang.

  • Properti yang Membutuhkan Perbaikan

Properti yang membutuhkan perbaikan umunya merupakan hunian atau bangunan yang lama tidak ditempati/dipakai pemilik atau ahli warisnya atau bangunan yang rusak karena bencana alam. Bangunan-bangunan semacam ini biasanya bahkan dbiarkan begitu saja tanpa diiklankan penjualannya. Properti murah jenis ini juga bisa menjadi alternatif menggiurkan bagi pebisnis investasi yang tengah melakukan ekspansi bisnis dan berniat mengembangkan suatu daerah tertentu. Kendatipun membutuhkan biaya perbaikan yang tidak sedikit, harga jual properti yang demikian murah dapat menjadi pertimbangan berarti bagi seorang pebisnis untuk memburu jenis properti murah satu ini.

  • Properti ‘Tak Bertuan’

Jenis lain dari properti murah adalah properti tidak bertuan yang sudah lama tidak ditempati dan status hak miliknya tidak diketahui. Ini biasanya terjadi pada bangunan milik seorang pendatang yang meninggal dunia dan anak cucunya tidak mengurus keberadaan properti tersebut. Meskipun tidak ada iklan yang menunjukkan bahwa properti atau bangunan semacam itu dijual murah, hampir bisa dipastikan harga jualnya akan murah jika Anda berhasil menghubungi ahli waris atau pemilik sah properti tersebut.

  •  Properti yang Letaknya tidak Strategis

Properti yang tidak diuntungkan oleh letak strategis umumnya juga dijual murah. Properti-properti jenis ini meliputi properti yang terletak jauh dari akses tempat-tempat umum, jauh dari irigasi, berdekatan dengan tempat gelap atau kuburan umum dan cenderung sulit diakses dengan sarana transportasi umum. Hampir bisa dipastikan, harganya akan jauh lebih murah dibanding properti lain yang memiliki letak strategis. Inilah yang dijadikan celah oleh pebisnis investasi senior untuk memanfaatkan keadaan sehingga mereka bisa mendapatkan properti yang tampak tidak menjanjikan dengan harga murah. Beberapa tahun ke depan, pebisnis tersebut akan berhasil menyulap properti yang awalnya tampak tidak prospektif tersebut menjadi lahan bisnis yang begitu menjanjikan.