Gaya Hidup Sehat Bersahabat dengan Gadget

Istilah bijak ber-gadget barangkali belumlah sepopuler hemat atau cerdas ber-gadget. Namun demikian, ini tidak beraarti menggunakan gadget dengan bijak tidak lebih penting dibanding menggunakannya dengan hemat atau cerdas. Krisis bijak ber-gadget ini di antaranya tergambar dalam ungkapan high tech low touch yang menunjukkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang demikian canggih justru membuat pemakainya semakin jauh dari orang-orang di sekitar mereka. Pemakai gadget biasanya keasyikan menatap layar hingga melupakan orang-orang di sekitar mereka, lupa bersosialisasi sampai—bukan tak mungkin—menomorduakan rutinitas dan kewajiban.

Tidak hanya kehilangan banyak momen berharga dan meremehkan kewajiban, candu gadget juga dapat mengancam keselamatan penggunanya. Di tempat-tempat umum, tak terkecuali di kendaraan publik, tak sedikit pengguna yang masih asyik memainkan jari di atas gadget-nya sehingga mereka kadang kala tidak sadar dengan ancaman pencopet yang mengintai.

Bijak ber-gadget ini utamanya dibutuhkan ketika Anda tengah melaksanakan tugas, bertamu atau berada di tempat kerja. Terlalu asyi ber-gadget bukan tidak mungkin dapat membuat Anda ‘terasing’ dari forum yang tengah Anda ikuti karena tidak mengikuti arah pembicaraan. Sementara itu di tempat kerja, Anda bisa kehilangan banyak waktu berharga karena dipakai untuk gadgeting sehingga pekerjaan yang seharusnya selesai menjadi terbengkalai.

Nah, untuk bisa bebas dari kerugian-kerugian tersebut di atas, bijak ber-gadget adalah solusinya. Di bawah ini adalah beberapa langkah kecil yang bisa Anda lakukan dalam rangka menggunakan gadget dengan bijak.

  • Membangun Kebiasaan

Bangunlah kebiasaan untuk tidak terlalu sering melihat layar gadget Anda. Sebagai treatment, mulailah dengan meletakkan gadget Anda dalam jangka waktu tertentu dan sibukkan diri Anda dengan sebuah aktivitas. Lawanlah keiginan untuk melihat gadget dan buatlah janji dengan diri sendiri bahwa Anda akan melihat gadget hanya dalam waktu-waktu tertentu atau dalam interval yang Anda tentukan. Lama-lama, tingkatkan durasi waktu tersebut dan perkuat komitmen Anda sehingga tanpa terasa, gaya yang demikian akan menjadi kebiasaan dan tidak lagi memberatkan.

  • Membuat Komitmen Pribadi

Komitmen pribadi adalah hal mutlak yang harus Anda miliki untuk melakukan segala sesuatu, termasuk membangun kebiasaan bijak ber-gadget. Selain perihal waktu seperti yang disinggung pada point pertama, Anda juga bisa membuat aturan sendiri untuk tidak menggunakan gadget di tempat umum, di forum-forum formal maupun non-formal serta di waktu-waktu yang seharusnya Anda gunakan untuk hal lain.

  • Menonaktifkan Bunyi atau Getar Gadget Anda

Point ketiga ini adalah hal teknis yang dapat memunculkan dan menjaga komitmen yang Anda buat untuk bisa bijak ber-gadget. Selain menjauhkan gadget dari jangkauan dan pandangan, Anda juga bisa menonaktifkan bunyi atau getar sehingga Anda tidak akan sering-sering membuka gadget, kecuali untuk keperluan yang penting dan mendesak

  • Menggunakan Gadget Seperlunya

Gadget pada dasarnya diciptakan dan dikembangkan untuk mempermudah komunikasi dan mempermudah akses informasi, sedang fungsi lainnya adalah sampingan. Untuk itu, berdasarkan prinsip ini, Anda bisa mensugesti diri Anda untuk menggunakan gadget seperlunya dan tidak menghabiskan banyak waktu—juga kuota—untuk melakukan hal-hal yang tidak diperlukan, semisal menjelajah situs-situs yang tidak Anda butuhkan atau terlalu lama terlibat pembicaraan kurang penting dengan teman di social media.

  • Mencari Waktu yang Tepat

Sekali waktu, carilah waktu yang tepat untuk bercengkerama dengan gadget, semisal pada jam istirahat, jam santai atau jam-jam lain di mana Anda tidak memiliki aktivitas wajib. Pastikan juga Anda melakukannya di dalam rumah sehingga keamanan Anda tetap terjaga. Tapi ingat, jangan melakukan ini terlalu lama.