Cara Cepat dan Mudah Menjual Rumah

Ada banyak alasan untuk meninggalkan rumah lama dan berpindah ke rumah baru. Ini bisa jadi ada hubungannya dengan tugas dinas, keperluan studi, keperluan keluarga ataupun keinginan untuk mencari suasana baru di tempat lain yang diharapkan bisa lebih baik. Apapun alasan Anda untuk pindah rumah, hal demikian wajar adanya dan karena itu, Anda tidak perlu terlalu mencemaskan banyak hal sebab ada banyak solusi yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda mencemaskan momen pindahan rumah, Anda bisa mendapatkan solusinya dengan mengerahkan bantuan seluruh anggota keluarga, menggunakan jasa angkut atau jasa moving service yang marak di luar negeri. Persoalan bagaimana menjual rumah lama juga tidak perlu Anda risaukan sebab apapun latar belakang Anda, Anda tetap bisa menjualnya dengan mudah. Anda tidak perlu menjadi seorang pakar atau praktisi bisnis properti hanya untuk menjual rumah Anda sendiri.

Satu hal yang perlu Anda pastikan sedari awal adalah persoalan timing. Jika Anda dan keluarga sudah memiliki keputusan bulat untuk pindah rumah dan bahkan sudah memiliki beberapa alternatif rumah baru yang akan dibeli, pastikan bahwa minimal 3 bulan sebelum tanggal pindahan, Anda sudah ‘mencari’ pembeli untuk rumah lama Anda. Ini tentu berkait erat dengan persoalan biaya jual rumah lama yang akan Anda alihkan menjadi biaya membeli rumah baru.

Nah, untuk mendapatkan pembeli dalam waktu yang sigkat dan dengan cara yang relatif mudah serta irit, sedikitnya Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini;

  • Memasang Iklan Berbayar

Gunakanlah iklan berbayar dalam koran lokal harian di kota Anda untuk menjual rumah. Setiap surat kabar dan media cetak lain pasti memiliki space untuk iklan yang salah satu kolomnya adalah kolom properti. Anda bisa memasarkan iklan rumah Anda di space tersebut dan tinggal mempersiapkan diri untuk melayangi calon-calon pembeli yang akan menghubungi Anda beberapa jam setelah iklan tersebut dicetak. Untuk solusi ini, Anda memang harus mengeluarkan kocek tapi itu tidak seberapa dibanding kemudahan menjual rumah yang akan Anda nikmati sebab para calon pembeli akan segera menghubungi Anda.

  • Menyebar Iklan di Broadcast

Selain media cetak seperti surat kabar, Anda juga bisa memanfaatkan iklan melalui perangkat elektronik berupa gadget untuk mengirimkan pesan siaran melalui berbagai media social yang digunakan oleh hampir semua pengguna internet. Cantumkan spesifikasi rumah, lokasi dan nomor kontak yang bisa dihubungi. Menimbang tingginya angka pengguna internet ataupun social media, bisa dipastikan bahwa cara cuma-cuma ini juga akan sangat membantu Anda menjual rumah dan menemukan pembeli yang Anda cari.

  • Memasang Plang

Cara gratis lain yang bisa Anda gunakan untuk bisa cepat menjual rumah adalah dengan memasang plang, tempelan atau keterangan di depan rumah Anda bahwa rumah tersebut akan dijual. Seperti yang biasa Anda lihat, Anda juga harus mencantumkan nomor kontak Anda sehingga jika Anda kebetulan tidak di rumah, calon pembeli bisa tetap menghubungi Anda untuk membuat janji bertemu atau mengajukan pertanyaan-pertanyaan seputar rumah, spesifikasi, harga, sistem pembayaran dan lain sebagainya.

  • Menawarkan Pada Saudara/Teman

Menjual rumah juga bisa memakan waktu yang sebentar jika Anda menemukan pembeli dari kalangan saudara atau teman. Karena itu, jangkan sungkan menawarkan rumah Anda pada saudara atau teman yang memiliki ikatan emosional atau profesional dengan Anda. Selain dapat mempererat hubungan, memperekat komunikasi dan saling membantu, ini tentu juga amat memudahkan Anda karena Anda tidak perlu jauh-jauh mencari calon pembeli.