5 Alasan Penting Dalam Berbelanja Online

Berbelanja online bisa dibilang sukses menjadi life-style dan gaya belanja baru yang dilirik banyak konsumen. Tak salah jika ada yang bahkan berkelakar bahwa toko-toko online cukup sukses merebut para konsumen dan pelanggan toko-toko di ‘darat’. Karena itu, toko-toko ‘darat’ kemudian menganggap bahwa menjamurnya toko dan bisnis online adalah ancaman tersendiri bagi mereka sehingga jika mereka tidak menggencarkan promosi yang salah satunya adalah dengan juga memanfaatkan sistem belanja online, mimpi buruk gulung tikar bisa menjadi nyata. Fenomena yang demikian bukan tanpa alasan, sebab belanja online memang menawarkan sistem yang lebih praktis, mudah, cepat dan juga aman.

Setidaknya bagi konsumen, inilah 5 alasan teratas mengapa mereka memilih berbelanja online.

  • Cara Belanja yang Praktis

Untuk berbelanja online, seorang konsumen tidak perlu keluar rumah, terjebak macet, meluangkan waktu khusus dan berputar-putar di mall untuk mencari barang yang mereka ingin beli. Hanya dengan menggunakan search engine atau mengunjungi situs-situs belanja terpercaya, mereka sudah bisa mendapatkan berbagai macam pilihan dan segera memutuskan untuk melakukan pembelian. Proses dari memilih barang hingga melakukan transfer uang juga bisa dilakukan di manapun bermodal gadget dan pulsa kemudian, tak lama setelah itu, barang yang dibeli sudah sampai di depan pintu.

  • Pilihan Produk yang Beraneka Ragam

Dengan berbelanja online, seorang konsumen dapat menemukan hampir semua hal yang mereka butuhkan, mulai dari barang baru hingga barang bekas. Karena itu, mereka dapat benar-benar memastikan bahwa pilihan produk yang akhirnya mereka pilih benar-benar sesuai dengan kriteria yang diinginkan. Meskipun aneka pilihan seringkali membuat seorang konsumen bingung menentukan produk mana yang akan dipilihnya, bertemu dengan berbagai macam produk kemudian memilih satu atau beberapa di antaranya dapat memuaskan hasrat si konsumen karena produk yang ia pilih telah ‘terseleksi’ di antara ribuan yang lain.

  • Transaksi yang Cepat dan Aman

Transaksi yang dilakukan untuk menyukseskan penjualan dalam berbelanja online juga menggunakan cara yang cepat dan aman. Dengan hanya beberapa kali klik, uang dari rekening konsumen sudah bisa berpindah pada rekening si penjual sehingga proses pengiriman bisa segera dilakukan. Adapun keamanan transaksi yang demikian tentu bergantung pada bagaimana seorang konsumen memilih situs atau toko online yang bisa dipercaya. Karena berbelanja online juga rawan penipuan, seorang konsumen disarankan melakukan transaksi dengan orang yang telah mereka kenal di dunia nyata atau di toko-toko online yang sudah terpercaya dan punya nama.

  • Bebas Memilih Situs atau Toko Online

Ketika berbelanja di alam nyata, seorang konsumen adakalanya merasa ‘tak enak hati’ jika menggagalkan penjualan dengan seorang penjual ketika mereka sudah terlibat obrolan panjang atau proses tawar-menawar yang alot. Ini tidaklah terjadi ketika Anda berbelanja online sebab Anda bisa bebas menjelajah bermacam situs dan membandingkan harga yang ditawarkan satu situs dengan situs lain. Selain itu, Anda juga bisa membaca track record sebuah situs belanja online dengan menggunakan search engien atau membaca testimoni konsumen sebelumnya di mailing list, social media dan sumber-sumber lain yang lebih netral.

  • Kesempatan Mendapat Diskon dan Promo

Dalam berbelanja online, seorang konsumen juga memiliki banyak kesempatan untuk mendapatkan diskon dan promo produk-produk tertentu. Informasi yang bisa diketahui real time dapat mendorong para konsumen untuk menjadi yang terdepan memanfaatkan diskon dan promo-promo sejenis sehingga mereka semakin ‘ketagihan’ berbelanja online.