5 Alasan Mengoperasikan Blog untuk Bisnis

Mengoperasikan blog tak ubahnya membangun sebuah rumah di mana Anda dapat mengundang semua orang yang Anda kenal untuk mampir dan berkunjung. Seperti halnya sebuah rumah, segala detail di dalamnya juga akan menggambarkan bagaimana pribadi Anda. Karena itulah dalam komunitas online, memiliki blog hampir merupakan sebuah keharusan karena dibandingkan media-media sosial lain, blog terbilang paling membebaskan penggunanya untuk berekspresi dan menunjukkan kretivitas.

Selain untuk tujuan hobi, akademik, iseng-iseng, membangun jaringan dunia maya atau sekadar mengikuti trend, memiliki dan mengoperasikan blog ternyata juga berguna untuk mengembangkan bisnis yang tengah dilakoni pemiliknya. Ini tidak selalu berarti saran untuk membuat blog bisnis sebab tak sedikit pebisnis yang mengintegrasikan blognya dengan bisnis yang ia lakoni tanpa harus mempermak blog menjadi blog bisnis. Blog tetap dijadikan sebagai wadah berbagi informasi mengenai berbagai hal akan tetapi difokuskan pada hal-hl yang berkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan si pemilik blog dalam bisnisnya.

Jika si pemilik menyediakan jasa travel dan reservasi tiket online, misalnya, ia akan menyajikan informasi seputar langkah mudah melakukan reservasi online, tips-tips mendapat diskon, kiat memilih agen travel dan lain sebagainya. Dari berbagai artikel yang ditampilkannya itulah, ia merekomendasikan link ke website bisnisnya. Selain itu, pemilik blog juga bisa memasang iklan bisnis yang ia miliki di blog untuk menjangkau sebanyak mungkin pengunjung potensial.

Sedikitnya, ada beberapa manfaat yang bisa dinikmati seorang pebisnis online dengan mengoperasikan blog semacam ini;

  • Membangun Komunikasi Dua Arah

Tampilan dan informasi yang disajikan dalam blog biasanya lebih ramah dan luwes sehingga Anda akan lebih mudah membangun komunikasi dua arah dengan pengunjung. Komunikasi yang demikian bisa Anda wujudkan melalui optimasi kolom komentar, form pertanyaan atau dengan mencantumkan kontak yang bisa dihubungi untuk mendiskusikan perihal artikel yang Anda tampilkan.

  • Menampilkan Diri sebagai Pakar di Sebuah Bidang Tertentu

Mengoperasikan blog dengan mengambil dan memilih sebuah tema spesifik tertentu, semisal mengenai travelling dan reservasi tiket online, akan memperkuat karakter Anda sebagai pakar di bidang tersebut. Ini tentu banyak ditentukan oleh kualitas artikel-artikel yang Anda tampilkan di blog. Karena itu, begitu mengetahui bahwa Anda juga memiliki bisnis di sektor yang sudah Anda ‘kuasai’, pengunjung akan menjadikan Anda sebagai referensi utama ketika mereka membutuhkan jasa yang Anda tawarkan.

  • Relatif Mudah Dioperasikan

Dibanding website bisnis yang tampilannya sophisticated dan cenderung sulit dioperasikan para newbie, blog lebih gampang digunakan dan lebih ramah pengguna. Karena itu, Anda bisa ‘memanjakan’ pengunjung dengan memberi informasi berkualitas tanpa harus membuat mereka pusing dengan hal-hal teknis. Dengan begitu, Anda akan mendapat simpati pengunjung dan ini adalah langkah nyata mengembangkan bisnis Anda.

  • Memancing Pengunjung untuk Datang Kembali

Sesekali, tampilkanlah artikel berseri sehingga pengunjung akan kembali mendatangi blog Anda dan semakin ‘tergoda’ untuk mengklik link atau iklan yang terhubung dengan website Anda. Semakin sering pengunjung mengerubungi blog Anda, semakin besar kesempatan Anda untuk mengarahkan mereka pada situs bisnis Anda ataupun menjalin komunikasi yang baik. Dengan cara yang demikian, Anda dengan mudah dapat mengubahnya dari sekadar pengunjung menjadi pembeli, pengguna jasa atau pelanggan.

  • Meningkatkan Layanan Pelanggan

Mengoperasikan blog yang terintegrasi dengan website bisnis juga dapat meningkatkan layanan pelanggan atau yang sering disebut dengan istilah customer service. Ini akan berdampak besar bagi kepuasan pelanggan dan Anda akan dipercaya sebagai pebisnis yang tak hanya menawarkan produk dan jasa berkualitas, akan tetapi juga begitu memerhatikan kepuasan pelanggan.