5 Alasan Mengapa Bisnis Properti Selalu Mendatangkan Keuntungan (Bagian 2)

Bisnis properti menawarkan keuntungan yang hampir tak pernah mengalami penurunan nilai. Wajar saja bisnis properti sering dijuluki sebagai bisnis yang tahan banting dan minim resiko mengingat track recordnya yang sangat baik terutama di pasar tanah air. Hal inilah yang mendorong semakin banyaknya masyarakat yang berminat untuk terjun dalam bisnis ini entah itu dengan hanya “bermain” sebagai investor properti ataupun dengan menjadi “pemain” besar dengan membangun usaha bidang developer ataupun broker profesional. Masyarakat sudah semakin terdidik dan memiliki kesadaran untuk ikut berburu keuntungan di balik bisnis properti.

Bahkan ketika jenis bisnis – bisnis pada bidang lain tengah mengalami penurunan serta pelemahan akibat berbagai kondisi sosial – politik – ekonomi di indonesia yang serba anomali alias unpredictable, bisnis properti justru mampu bertahan dan tetap menjanjikan keuntungan yang bersifat stabil. Hal ini dapat dibuktikan dengan masih bergairahnya bisnis properti ini di tanah air, dimana sekilas kita akan beranggapan bahwa bisnis ini seperti tak terpengaruh sama sekali dengan “badai” permasalahan yang ada di sekitarnya. Padahal sektor – sektor bisnis lainnya sudah jelas – jelas mengalami atmosfir yang terus menerus memburuk. Sebut saja sektor saham serta pasar uang di tanah air yang sepanjang 2015 ini hampir – hampir tak dapat bangkit dalam keterpurukan akibat spekulasi konteks perubahan politik tanah air yang cukup drastis. Sedangkan bisnis properti, bukannya menurun sebagaimana bisnis lainnya tapi justru masih menunjukkan geliatnya di tengah masyarakat.

Berikut ini adalah sambungan dari artikel sebelumnya mengenai alasan mengapa bisnis properti bisa senantiasa memberikan keuntungan. Diantaranya yaitu:

  1. Jumlah penduduk indonesia yang besar sebanding pula dengan permintaan akan produk – produk properti yang semakin meningkat

Dimana ada manusia, maka di situ pasti akan muncul dorongan untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan pokok mulai dari makanan, pakaian, hingga kebutuhan akan properti. Indonesia merupakan negara yang dianugerahi sumber daya manusia yang jumlah nya sangat besar. Dimana jumlah penduduk indonesia merupakan yang tertinggi ke – 4 di dunia. Jumlah penduduk yang sangat banyak itulah salah satu faktor penyebab mengapa bisnis properti di tanah air senantiasa menawarkan keuntungan yang tak sedikit. Sebab tingginya jumlah penduduk tentu akan sebanding dengan tingginya permintaan masyarakat Indonensia terhadap berbagai jenis properti mulai dari tanah, rumah, ruko, rukan, apartment, rumah susun, dan lain sebagainya. Penduduk yang banyak tentu membutuhkan properti banyak pula guna memenuhi kebutuhan mereka akan tempat untuk tinggal, bekerja, serta beraktivitas yang hanya bisa dipenuhi oleh properti.

  1. Selama terjadi pertumbuhan penduduk di tanah air, selama itu pulalah bisnis properti tetap terus tumbuh

Di Indonesia, angka pertumbuhan penduduk cukup tinggi meskipun pemerintah sudah sangat gencar mensosialisasikan program Keluarga Berencana atau KB guna mengendalikan ledakan penduduk di tanah air. Namun demikian, ledakan pertumbuhan penduduk di Indonesia juga memiliki sisi positif karena membuka peluang seluas – luasnya bagi bisnis properti. Sebab jumlah penduduk yang terus meningkat tentu membuat permintaan akan properti sebagai pemenuh kebutuhan juga akan terus meningkat. Ketika seseorang yang telah dewasa memutuskan untuk berkeluarga, maka tentu yang dipikirkan pertama kali adalah properti berupa rumah tempat tinggal. Di situlah properti kembali dibutuhkan oleh keluarga baru. Ketika seseorang hendak membuka usahanya, maka hal terpenting yang perlu dipenuhi adalah properti untuk tempat usaha berupa ruko, rukan, ataupun bangunan – bangunan lainnya. Maka di situlah properti kembali dibutuhkan oleh pengusaha dan para tenaga kerja baru. Ledakan penduduk senantiasa berimplikasi pada tumbuhnya bisnis properti. Inilah alasan yang membuat bisnis properti terus tumbuh dan menghasilkan keuntungan besar terutama di Indonesia.