5 Alasan Mengapa Bisnis Properti Selalu Mendatangkan Keuntungan (Bagian 1)

Tujuan seseorang dalam memulai bisnis tentu saja untuk mendapatkan keuntungan sebanyak – banyaknya dengan pengorbanan atau usaha seminimal mungkin. Salah satu bisnis yang memiliki prospektus sangat bagus dalam menghasilkan keuntungan secara maksimal yakni bisnis properti. Bisnis properti merupakan segala macam usaha pada bidang properti dalam rangka mendapatkan keuntungan. Adapun jenis bisnis properti sangat beragam mulai dari yang dapat dijalankan secara sederhana seperti investasi properti, broker properti ataupun usaha sampingan bidang properti seperti usaha tempat kos maupun rumah kontrakan. Selain itu, ada juga bisnis properti yang dijalankan secara kompleks dan profesional seperti usaha developer atau pengembang properti dan juga menjadi tim pemasaran aset – aset properti seperti kompleks perumahan dan apartment.

Semakin pesatnya perkembangan bisnis properti yang diimbangi dengan tingginya minat masyarakat untuk ikut berbisnis tentunya memunculkan pertanyaan dalam benak kita, mengapa bisnis properti bisa senantiasa mendatangkan keuntungan bagi para pelakunya terutama dalam konteks masyarakat indones? Nah, berikut ini adalah penjelasan mengenai alasan mengapa bisnis properti bisa senantiasa memberikan keuntungan meskipun bisnis pada bidang lain tengah mengalami krisis :

  1. Properti merupakan kebutuhan pokok yang tak dapat dipisahkan dalam kehidupan masyarakat

Sebagaimana kebutuhan akan makanan atau “pangan” serta pakaian atau “sandang”, begitu pula properti menjadi kebutuhan pokok berupa tempat tinggal, berlindung, bekerja, serta tempat manusia beraktifitas yang biasa pula disebut sebagai kebutuhan akan “papan” yang pasti dibutuhkan setiap manusia. Properti merupakan salah satu jenis kebutuhan pokok yang apabila tak dipenuhi maka akan timbul berbagai permasalahan terutama dalam hal keamanan serta kesehatan. Mengingat tujuan utama dari properti adalah memberikan perlindungan kepada manusia dari bahaya seperti bencana, kriminalitas, masalah kesehatan, dan lain sebagainya.

Karena menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi, maka wajar saja jika bisnis properti akan senantiasa tumbuh subur di tengah masyarakat. Dan bisnis yang selalu dibutuhkan adalah bisnis yang akan senantiasa menjanjikan keuntungan besar.

  1. Pembangunan daerah selalu terkait dengan kebutuhan akan properti

Modernisasi serta industrialisasi di daerah tentunya menuntut adanya pembangunan di berbagai sektor termasuk pada sektor properti di daerah. Maka sangat wajar jika pembangunan properti di daerah begitu dielu – elukan. Pembangunan properti di berbagai daerah yang baru berkembang seperti di kota – kota kecil ataupun kabupaten yang tengah berbenah sangat dibutuhkan. Tak heran bila pintu bagi bisnis properti masih terbuka lebar bagi pelaku – pelaku bisnis baru. Tentu ini merupakan angin segar bagi bisnis properti untuk terus berkembang dan meningkatkan produksi dan keuntungan.

  1. Aset properti cenderung bersifat awet dan tahan dari kerusakan atau penurunan kualitas

Alasan mengapa seseorang tertarik untuk menjadikan suatu benda sebagai aset investasinya selain karena alasan tingginya permintaan serta alasa kelangkaan yakni apakah benda tersebut mampu bertahan dari kerusakan ataupun penurunan kualitas. Sama halnya seperti aset berupa logam mulia emas yang awet dari penurunan kualitas, aset properti juga cenderung tahan dari kerusakan. Selain itu, aset properti seperti tanah juga cukup minim biaya perawatan. Oleh karenanya, aset properti mampu dipercaya menjadi aset investasi bagi banyak orang. Hal ini tentunya semakin meningkatkan peluang bisnis properti untuk terus berkembang mengingat semakin banyak orang yang membutuhkannya tak hanya untuk memenuhi kebutuhan pokok akan tempat tinggal ataupun usaha, namun juga sebagai aset investasi jangka panjang.